Sukses

Gas Amonia Menyebar di Palembang, Puluhan Warga Masuk Rumah Sakit

Aroma gas Amoniak begitu pekat dan mengganggu pernapasan sebagian warga Palembang.

Liputan6.com, Palembang - Polusi gas Amonia yang dihasilkan oleh PT Pupuk Sriwijaya (Pusri) di Kelurahan 1 Ilir Palembang, diduga menyebar hingga ke pemukiman warga setempat. Akibat terpapar gas Amonia, puluhan warga sekitar dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit (RS) PT Pusri.

Warga Jalan Sultan Agung RT 11-13, Kelurahan 1 Ilir Palembang awalnya mencium aroma gas Amonia yang menyengat, pada Kamis (1/11/2018) malam, sekitar pukul 19.00 WIB.

Menurut Ima (45), warga Jalan Sultan RT 11 Kelurahan 1 Ilir Palembang, aroma gas Amoniak yang semakin pekat, membuat dia dan warga lainnya merasakan gangguan pernapasan.

"Perut kami sekeluarga mual-mual, mata perih, dan sesak napas. Jadi kami pakai handuk basah untuk menutup hidung dan mulut," katanya kepada Liputan6.com, Jumat 2 November 2018.

Pintu dan jendela rumahnya langsung ditutup rapat, walau aroma menyengat gas amoniak masih tercium hingga 25 menitan.

Tak lama kemudian, mereka mendengar suara mobil ambulance yang masuk pemukimannya. Ternyata ada beberapa warga baik anak-anak maupun orang dewasa yang harus dilarikan ke Rumah Sakit (RS) PT Pusri.

"Warga yang dibawa ke IGD RS PT Pusri itu mengalami muntah parah, sesak napas akut, dan ada yang menderita sakit jantung juga dievakuasi karena pernapasannya terganggu," ujarnya.

"Mereka diberi oksigen dan langsung dipulangkan tak lama kemudian. Kata mereka, biaya pengobatan dibayar oleh PT Pusri," ucapnya.

Hal sama dirasakan Eti (49) dan keluarganya. Usai merasakan mual-mual, Eti langsung muntah, begitu juga dengan anaknya yang berusia 7 tahun.

"Saya sampai muntah tiga kali, anak-anak juga ada yang mual dan muntah. Kami jadi tidak berani buka pintu rumah. Karena rumah kami berbahan kayu, jadi sangat mudah udaranya masuk ke dalam rumah," ujarnya.

Paparan gas Amonia milik PT Pusri sering mengganggu pernapasan warga sekitar. Bahkan di bulan Oktober 2018 kemarin, aroma menyengat gas Amonia tercium beberapa kali. Namun baru Kamis malam, aroma gas Amonia begitu pekat dan mengganggu pernapasan para warga.

Menurut Nani (53) yang sejak lahir tinggal di kawasan tersebut, hampir setiap bulan mereka selalu mencium aroma gas Amonia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Polusi Sungai Musi

Bahkan sekitar tahun 1980-an, para warga yang terpapar gas Amonia Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini sampai dilarikan ke rumah sakit karena muntah darah.

"Kalau sekitar tahun 1990-an, kami sekampung menggelar demo ke kantor Gubernur Sumsel. Karena banyak ikan dan udang yang mati di tepian Sungai Musi, kemungkinan akibat paparan limbah PT Pusri di perairan," ujarnya.

Para warga berharap perusahaan pupuk ini bisa meminimalisir tingkat polusi udara, sehingga mereka tidak merasakan dampaknya.

Manager Humas PT Pusri Palembang Hernawan L Sjamsudin mengungkapkan, saat mengoperasikan empat unit pabrik yaitu Pusri IIB, IB, III dan IV dalam kondisi normal.

"Salah satu pabrik memang sedang perbaikan dan akan dihidupkan kembali. Saat itu, sebagian kecil gas NH3 memang terpapar ke udara, namun masih batasan wajar," ujarnya.

Perusahaan pun telah melakukan tindak lanjut agar paparan gas Amoniak tidak meluas ke pemukiman warga. Mereka juga memfasilitasi penanganan medis ke warga yang mengeluhkan gangguan pernapasan usai terpapar gas Amoniak.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.