Sukses

Sirene Tsunami Bakal Berbunyi di Sepanjang Pantai Aceh Minggu Depan

Aceh mengalami tsunami dahsyat pada 26 Desember 2004. Minggu depan, sirene tsunami akan dibunyikan.

Liputan6.com, Banda Aceh - Pemerintah Aceh kembali merencanakan uji coba suara asli sirene tsunami di enam lokasi yang berbeda di pinggir kawasan pantai pada dua kabupaten/kota di provinsi paling Barat Indonesia, Rabu, 26 September 2018, pukul 10.00 WIB.

"Kegiatan uji coba ini merupakan bagian dari pengecekan rutin demi memastikan alat tersebut berfungsi dengan baik," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Teuku Ahmad Dadek di Banda Aceh, Jumat (21/9/2018), dilansir Antara.

Sebelumnya, lanjut dia, hal yang sama telah dilakukan pada Agustus 2018, dan setiap tanggal 26 tepat pukul 10.00 WIB di enam lokasi sirine tsunami, baik Aceh Besar maupun Banda Aceh.

Keenam lokasi tersebut meliputi Sirene Kajhu di Baitussalam, Sirene Lhoknga di Lhoknga, dan Sirene Lam Awe di Peukan Bada yang ketiga di wilayah Aceh Besar. Sisanya di Banda Aceh meliputi Sirene Lampulo di Kuta Alam, Sirene Blang Oi di Meuraxa, dan Sirene Kantor Gubernur Aceh di Bandar Baru.

Pihaknya bekerja sama dengan instansi terkait lain, seperti Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Aceh untuk mengevaluasi alat tsunami early warning system atau sistem peringatan dini tsunami.

"Ada tiga kecamatan baik di Aceh Besar, dan Banda Aceh. Kami berharap warga di enam kecamatan ini, jika mendengar sirine tsunami tidak panik dan khawatir. Tetap melaksakan aktivitas seperti biasa," katanya.

Ia mengatakan, tanggal 26 setiap bulan sengaja dipilih sebagai hari untuk membunyikan sirene tsunami untuk mengenang peristiwa yang meluluhlantakkan Aceh akibat dipicu oleh gempa bumi berkekuatan 9,3 skala Richter, dan disusul tsunami pada 26 Desember 2004.

"Tujuan kegiatan ini, supaya masyarakat kita semakin peka atau responsif terhadap isyarat bencana datang," tutur Dadek.

Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBA, Mukhsin Syafii menambahkan, kegiatan itu sebagai bagian dari sosialisasi dan kesiapsiagaan menghadapi bencana yang tidak bisa diprediksi kapan waktu datangnya.

"Masyarakat setempat di enam kecamatan, jangan panik. Waktu sirine ini berbunyi selama dua menit dengan dua kali pencet, dan terdengar hingga radius 7.000 meter," ucap dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.