Sukses

Pakai Jaket Bertuliskan Jokowi, Mahasiswa UII Ditegur Kampus

Meski mirip Jokowi, mahasiswa UII Yogyakarta yang memakai jaket bertuliskan Jokowi tetap kena teguran kampus. Apa alasannya?

Yogyakarta - Fakultas Hukum (FH) Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta memperingatkan mahasiswanya yang memiliki kemiripan wajah dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Peringatan tersebut dilayangkan pihak kampus lantaran yang bersangkutan kerap memakai jaket ber-name tag 'Jokowi'.

"Soal jaket dengan name tag Jokowi, nanti akan saya nasihati. Mungkin dia belum paham (aturan) itu. Jangan sampai nama itu menjadi (ibarat) sesuatu yang menimbulkan sesuatu. Bagi yang tidak mendukung itu kan jadi masalah juga," kata Dekan FH UII Yogyakarta, Abdul Jamil, saat ditemui di kampusnya, Senin, 3 September 2018.

Abdul mengatakan, tak bisa serta merta melarang mahasiswanya untuk tidak mengidolakan Jokowi. Namun, teguran itu akan tetap dilayangkan agar mahasiswa mirip Jokowi tersebut tidak membubuhi kemiripan dengan menggunakan nama-nama dengan name tag di jaket.

"Kecuali kalau itu nama dia yang asli. Kami tidak bisa menghalangi," ucapnya.

Penggunaan tanda pengenal "Jokowi", kata dia, selain dapat menimbulkan dampak positif, juga negatif. Terlebih saat ini juga merupakan tahun politik. Ia khawatir akan bisa menimbulkan konflik internal jika ada teman lainnya pendukung kubu lain.

UII Yogyakarta juga mempunyai aturan disiplin mahasiswa sejak 2000 lalu, perihal hal-hal berbau politik masuk ke dalam kampus. Bila dilanggar, sanksi menanti.

"UII netral didirikan pendiri bangsa. Siapa pun yang menjadi presiden akan kami dukung dan kami tidak mungkin makar," katanya.

UII juga mempunyai pengalaman berupa polemik politik pada 1990-an. Ada konflik yang sempat masuk ke dalam kampus. Bahkan sampai ada preman-preman yang mendampingi perkuliahan.

"Ruang kuliah diacak-acak partai tertentu, saya tidak ingin itu," katanya.

Mahasiswa yang memakai jaket dengan name tag "Jokowi" itu atas nama Dimas Pratama Wijaya, asal Batam. Pria kelahiran 17 Januari 2000 lalu itu sering menggunakan jaket berwarna hijau dengan name tag "Jokowi" bahkan saat di lingkungan kampus.

Seperti ditemui awak media kemarin, dia sedang memakai jaket "kebesarannya" tersebut. Dia menyebut jaket bertuliskan Jokowi yang dikenakannya sudah dibuat sejak zaman SMA.

"Jaket angkatan waktu SMA. Saya dijuluki Jokowi, teman-teman manggil saya Jokowi. Ya udah saya buat nama Jokowi aja biar lebih dikenal lagi," ucapnya.

Baca berita menarik JawaPos.com lainnya di sini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.