Sukses

Siswi SMP Buntok Alami Kesurupan Massal 2 Hari Berturut-turut

Liputan6.com, Buntok - Siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 (SMPN 1) Buntok, Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, kembali mengalami kesurupan massal. Kesurupan massal tersebut terjadi sekitar pukul 08.00 WIB.

"Pada hari sebelumnya, sebanyak 28 orang, dan hari ini jumlahnya lebih dari itu," kata salah seorang staf SMPN 1 Buntok, Fitriadi, Selasa, 14 Agustus 2018, dilansir Antara.

Sementara Kepala SMPN 1 Buntok, Syamsuddinoor, ketika dikonfirmasi mengatakan tidak mengetahui apakah hal ini benar kesurupan atau ada hal-hal lain. Meski begitu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seluruh murid diperbolehkan beristirahat atau pulang ke rumah.

"Anak-anak yang kemarin mengalami kesurupan, hari ini tidak, " kata dia.

Ia berharap kejadian yang terjadi selama dua hari ini tidak terjadi lagi ke depannya.

Sementara, Ustaz Sibawaihi ketika diminta komentarnya mengatakan kesurupan massal merupakan pengaruh mahluk gaib seperti jin yang merasa terganggu. "Kemungkinan karena anak-anak masih labil seperti bercanda kelewatan, dan ribut dalam ruangan, otomatis mahkuk gaib terganggu," kata dia.

Maka itu, ia berpesan kepada siswa, khususnya yang beragama Islam, agar meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT, serta tidak meninggalkan salat lima waktu.

"Karena kesurupan itu lantaran pikiran kosong, dan untuk itulah isi jiwa, dan pikiran dengan banyak berzikir agar terhindar dari kesurupan," ucapnya.

Ia mengimbau para siswa pada saat sendiri atau ada masalah, jangan banyak melamun karena itu dapat membawa diri ke alam bawah sadar sehingga mudah terjadi halusinasi. Imbauan yang sama juga berlaku bagi kaum hawa.

Para siswi diminta mengendalikan perasaan dengan baik, apalagi saat sedang menstruasi, karena saat itu cenderung sensitif, dan diharapkan bisa menghadapi semua permasalahan hidup dengan sikap yang positif walau kenyataan tersebut pahit.

"Intinya untuk menghindari kesurupan tersebut dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu jangan berbuat keributan seperti teriak-teriak yang bisa mengganggu makhluk-makhluk gaib," ucap dia.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Tali Bendera Putus Saat Upacara, 28 Siswi SMP di Buntok Mendadak Kesurupan