Sukses

Tali Bendera Putus Saat Upacara, 28 Siswi SMP di Buntok Mendadak Kesurupan

Ke-28 siswi SMP di Buntok yang kesurupan mendadak berteriak histeris sesaat akan memulai pelajaran di sekolah.

Liputan6.com, Buntok - Sebanyak 28 siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 (SMPN 1) Buntok, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, mengalami kesurupan secara bersamaan atau massal.

"Kesurupan massal siswi ini terjadi sejak sekitar pukul 08.00 WIB usai upacara menaikkan bendera," kata salah seorang guru SMPN 1 Dusun Selatan itu, Bertinus, di Buntok, Senin, 13 Agustus 2018, dilansir Antara.

Ia menceritakan, sebelum terjadi kesurupan massal, saat upacara menaikkan bendera, tali benderanya putus. Meskipun demikian, upacara bendera itu bisa tetap berlanjut.

"Kemudian, setelah siswa dan siswi masuk ke dalam ruangan untuk memulai proses belajar mengajar, tiba-tiba puluhan siswi dari sejumlah kelas mengalami kesurupan dengan berteriak-teriak histeris," ucapnya.

Melihat kejadian itu, kata dia, para guru berusaha menenangkan keadaan para siswi tersebut, dan memanggil orangtua mereka. Bertinus mengaku dirinya kebetulan memiliki sedikit kemampuan untuk bisa menenangkan sehingga para siswi yang kesurupan bisa sadar kembali.

Ia menyampaikan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pihak sekolah kemudian memulangkan seluruh murid, dari kelas VII hingga kelas IX. Kesurupan siswi secara massal itu terjadi saat gedung sekolah tersebut dalam proses renovasi sehingga kondisinya gaduh.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.