Sukses

Aksi Emak-Emak Merayakan Kemerdekaan di Perbatasan RI-Timor Leste

Di Desa Kereana, Kecamatan Botin Leobele Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur, kaum emak-emak merayakan kemerdekaan dengan menenun kain merah putih.

Liputan6.com, Kupang- Ada cara unik yang diekspresikan warga Perbatasan Indonesia -Timor Leste untuk menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2018. Di Desa Kereana, Kecamatan Botin Leobele, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur, beberapa ibu rumah tangga alias emak-emak merayakan kemerdekaan dengan menenun lembaran kain bendera Merah Putih.

Kain tenunan berbentuk selendang itu warnanya menyerupai lambang bendera negara Indonesia yakni merah putih. Tenunan tersebut ternyata untuk dijual ke warga guna mendapat penghasilan tambahan dan menopang ekonomi rumah tangga. Sebagian lainnya diperuntukan bagi anak-anak mereka di Sekolah Dasar yang akan mengikuti lomba gerak jalan.

Fransiska Kolo Teti, salah seorang penenun selendang mengatakan niatnya membuat tenunan selendang merah putih itu hanya memanfaatkan peluang ekonomi momentum HUT Kemerdekaan RI.

Bahkan empat lembar tenunan selendang milik Fransiska jauh hari sudah dipesan pihak sekolah SDK Tualaran di desanya yang akan dipakaikan kepada anak-anak disekolah tersebut untuk mengikuti lomba gerak jalan. Selendang berukuran kurang lebih  100cm kali 25cm itu dipatok seharga Rp 25.000 per lembar.

"Ini baru pertama kali saya tenun selendang berwarna bendera Indonesia. Saya coba-coba saja buat pas 17-an begini," kata Fransiska  kepada Liputan6.com, Senin 13 Agustus 2018.

Hampir seluruh ibu rumah tangga di Desa Kereana Kecamatan Botin Loebele bermata pencaharian sebagai penenun. Usaha kain tenun tersebut bahkan menjadi sumber ekonomi untuk kehidupan keluarga dan juga membiayai sekolah anak-anaknya.

Hasil tenunan kali ini juga menjadi promosi bagi usaha tenun ibu-ibu di Desa Kereana agar bisa berkembang. Apalagi tahun ini anak-anak SDK Tualaran yang menggunakan selendang berwarna merah putih dari tenunan ikat tersebut mewakili kecamatan Botin Leobele ke tingkat kabupaten.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

Simak video menarik pilihan berikut :

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.