Sukses

Daun-Daun Padi Menjadi Merah, Petani di Bangka Bingung dan Gelisah

Peyakit aneh di Bangka, daun padi terlihat menjadi merah.

Liputan6.com, Bangka Tengah - Petani padi sawah di Desa Namang, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengeluhkan penyakit daun merah yang menyerang tanaman padi mereka. Ancaman gagal panen pun menghantui.

"Kami menyebutkannya penyakit daun merah karena daun padi terlihat menjadi merah dan terancam mati," kata Arfis, petani padi sawah di Desa Namang, Rabu (1/8/2018), dilansir Antara.

Menurut dia, kasus daun merah yang menimpa tanaman padi petani belum pernah terjadi sebelumnya. Jenis penyakit aneh ini lebih parah dibanding serangan hama lainnya.

"Hampir semua daun padi terserang penyakit daun merah dan itu mengancam buah padi sehingga bisa terancam gagal panen serta menurunkan produksi padi," katanya.

Herman, petani padi lainnya mengaku belum mengetahui jenis penyakit tersebut, tapi yang pasti daun padi mereka tiba-tiba menjadi merah dan mati.

Sampai sekarang kami tidak tahu itu jenis penyakit apa dan hama apa yang pasti sangat mengancam. Kami sudah berupaya mengatasinya, tetapi tetap gagal, seperti penyakit menular yang mengancam semua daun padi di hamparan sawah," katanya.

Ia meminta bantuan pemerintah daerah melalui peran penyuluh untuk mendeteksi jenis penyakit daun merah tersebut dan mencari obat untuk mengatasinya.

"Kami khawatir penyakit daun merah ini menjadi ancaman setiap tahun, jika itu terjadi maka bisa menjadi ancaman terbesar petani di desa ini," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.