Sukses

Posyandu Kucing di Karanganyar, Apa Saja Fasilitasnya?

Posyandu kucing di Karanganyar hanya buka sekali dalam sebulan, mirip seperti posyandu balita.

Karanganyar - Pencinta kucing di Karanganyar, Jawa Tengah, dan wilayah sekitarnya berduyun-duyun mendatangi Posyandu Kucing di Maguan, Gaum, Tasikmadu, Minggu pagi, 11 Februari 2018. Sambil membawa kucing kesayangan, para pencinta kucing itu antre mendaftarkan binatang peliharaan mereka di meja pendaftaran.

Setelah terdaftar sebagai peserta Posyandu Kucing, para pencinta kucing itu mengantre di tempat duduk yang sudah disediakan. Tak jauh dari kursi tunggu bersaf-saf itu, terdapat ruangan berukuran 2x3 meter. Di ruangan itulah, seorang dokter dan beberapa asistennya bekerja.

Dokter hewan dan asistennya itu memeriksa kucing peliharaan warga Karanganyar dan sekitarnya. Sebagian besar kucing yang dicek kondisinya di Posyandu Kucing itu adalah kucing ras.

"Mbak Farsa [pemilik kucing], silakan masuk," teriak seorang asisten Yanida Talbot, dokter hewan di posyandu itu.

Di ruang pemeriksaan, pemilik kucing menyerahkan kucing peliharaannya. Kucing ras itu ditimbang terlebih dahulu dengan timbangan digital. Rampung ditimbang, seorang asisten dokter hewan bertugas membersihkan telinga dan memotong kuku kucing dengan alat khusus.

Setelah itu, Yanida Talbot memeriksa kondisi kucing piaraan tersebut. Kucing yang dinyatakan sehat tetap diberi vitamin, obat cacing, atau vaksin oleh Yanida. Hal itu untuk menjaga kucing piaraan agar tetap sehat dan tak mudah terserang penyakit.

"Bagi kucing yang mengalami diare atau terkena jamur tinggal disuntik. Kalau sakit yang diderita kucing piaraan dinilai sangat parah, penanganannya sampai rawat inap atau dirujuk," kata Yanida.

Baca berita menarik Solopos.com lainnya di sini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bikin Tenang

Salah seorang pria muda, Eko, mengaku sangat senang dengan adanya Posyandu Kucing itu. Sebagai pencinta kucing, warga Karanganyar ini terkadang waswas dengan kesehatan binatang piaraannya yang berjenis anggora bernama Almon.

"Rasanya senang dapat memeriksakan kucing saya. Meski kucing saya sehat, saya tetap khawatir dengan kondisinya. Kebetulan, saat ini ada pemeriksaan. Makanya, saya tetap memeriksakan kucing kesayangan saya," katanya.

Penyelenggara Posyandu Kucing sekaligus pemilik Bonnie Pet Shop Tasikmadu, Khunti Ira Sasmita, mengajak seluruh pencinta kucing di Karanganyar dan sekitarnya untuk rutin memeriksakan kucing piaraan mereka. Hal ini penting guna mengetahui kondisi kucing kesayangan agar selalu sehat dan bersih.

"Kegiatan ini sebenarnya tidak dikhususkan hanya bagi kucing ras. Pemilik kucing lokal pun dapat mengikuti kegiatan ini. Dalam kesempatan ini, kami juga berusaha mengedukasi pencinta kucing agar selalu merawat binatang piaraan," katanya.

Kunthi Ira Sasmita mengatakan Posyandu Kucing biasanya digelar satu bulan sekali di Tasikmadu. Jumlah peserta yang mengkuti Posyandu Kucing mencapai 50-an orang.

"Jenis penyakit yang sering muncul, yakni penyakit gatal-gatal pada kucing," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.