Sukses

Ritual Penyucian Becak Jelang Pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby

Liputan6.com, Solo - Sejumlah penarik becak di Solo, Jawa Tengah, berkesempatan menjemput dan mengantar para tamu pernikahan putri Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Saking senangnya, para abang becak itu pun melakukan ritual menyucikan becak sebelum digunakan untuk mengangkut para tamu pada Jumat (3/11/2017).

Para penarik becak yang mendapat tugas menjemput dan mengantar tamu resepsi pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution berkumpul di halaman Omah Sinten. Satu per satu para penarik becak itu mengecek kondisi becaknya, mulai dari cek roda, rantai, jok, onderdil, dan lainnya.

Setelah pengecekan selesai, mereka langsung mengambil selang air untuk mencuci becaknya. Para abang becak itu pun membersihkan becaknya dengan sangat detail.

Semua kotoran yang menempel di becak pun digosok menggunakan sikat cuci hingga bersih. Setelah itu, mereka membilasnya dengan air bersih.

Sehabis dilap hingga kering, para abang becak langsung menyemprotnya dengan pewangi. Hal itu dilakukan supaya para tamu yang akan menumpang becaknya merasakan nyaman dan harum.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

2 dari 3 halaman

Penghormatan bagi Tamu

Koordinator Paguyuban Becak Solo, Sardi Ahmad, mengatakan acara ritual memandikan becak ini sebagai bentuk persiapan para penarik becak untuk membawa para tamu yang akan hadir dalam resepsi pernikahan putri Presiden Jokowi.

"Ini bagian dari persiapan sebelum digunakan pada hari H nanti supaya becaknya bersih," kata dia di Solo, Jumat (3/11/2017).

Selain mencuci, Sardi menambahkan, para penarik becak itu juga mengecek kondisi becaknya, seperti rantai, sekrup, roda ban, bearing dan lainnya. "Jika ada rantai yang kondisinya tua harus diganti. Jadi, ini perawatan semuanya biar nanti acaranya lancar," harapnya.

Sementara itu, salah satu penarik becak, Siswanto, berharap dengan mencuci becak miliknya diharapkan nanti para tamu bisa merasa nyaman saat duduk diantar menuju lokasi pernikahan. "Sudah saya cuci dan juga saya gosok supaya tidak kotor dan terlihat bersih," kata dia.

Selain dicuci, becak miliknya itu juga sudah dicek kondisinya. Bahkan, ban yang anginnya kurang telah dipompa. Tak hanya itu, bagian tempat duduk untuk penumpang juga sudah disemprot dengan pewangi.

"Semuanya sudah saya cek dan dibersihkan supaya nanti saat dipakai tanggal 8 November nanti tidak rewel," kata dia.

Saat prosesi resepsi pernikahan nanti, Pemerintah Kota Solo menyediakan sebanyak 50 becak. Angkutan roda tiga itu digunakan untuk menjemput dan mengantar para tamu yang turun dari lapangan parkir menuju gedung Graha Sabha Buana.

3 dari 3 halaman

Kendaraan Lapis Baja

Sebelumnya, Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Tatang Sulaiman, dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono memimpin apel pasukan pengamanan pernikahan putri Presiden Jokowi digelar di halaman parkir Stadion Manahan Solo, Jumat (3/11/2017).

Apel pasukan pengamanan diikuti ribuan personel TNI dan Polri. Bahkan, Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) juga mengikuti apel tersebut. Sejumlah kendaraan untuk pengawalan, baik roda empat maupun roda dua juga ikut dikerahkan, termasuk barracuda, anoa, serta kendaraan lapis baja lainnya.

Dalam apel tersebut, Pangdam IV Diponegoro didampingi Kapolda Jawa Tengah mengecek kesiapan pasukan. Satu per satu pasukan dicek terkait kesiapannya dalam pengamanan pernikahan putri Presiden Jokowi yang akan dihadiri sejumlah tamu VVIP dan VIP. Kendaraan pasukan juga ikut dicek kondisinya.

Dalam sambutannya, Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Tatang Sulaiman mengucapkan terima kasih kepada pasukan yang terlibat dalam apel gelar pasukan pengamanan kegiatan Presiden dan Wakil Presiden RI di Solo nanti.

"Saya ucapkan terima kasih atas segala usaha persiapan yang telah dilakukan demi suksesnya acara pengamanan pernikahan ini," kata dia di hadapan ribuan anggota TNI dan Polri.

Ia berharap acara pernikahan putri Presiden Jokowi yang dihadiri wakil presiden dan sejumlah tamu VVIP dan VIP dapat terselenggara dengan tertib, aman, dan lancar.

"Tugas ini merupakan suatu kehormatan karena mengamankan simbol negara, yaitu pengamanan VVIP khususnya pada saat Presiden menggelar acara resepsi pernikahan putrinya," kata dia.

Pengamanan tersebut, menurut Tatang, akan dilakukan pada 4-9 November 2017. Pengamanan dilakukan di sejumlah titik, di antaranya bandara, stasiun kereta api, kediaman Jokowi, hotel, tempat acara, serta rute yang dilintasi para tamu.

"Dalam rangka melaksanakan pengamanan itu, kita sudah membentuk organisasi tugas berdasarkan ring pengamanan. Ring I oleh Paspampres, ring II dan ring III oleh satuan tugas VVIP yang dilaksanakan oleh jajaran TNI dan Polri," katanya.

 

Loading