Sukses

Hadiah bagi Polisi Pembebas Warga Eks Tim-Tim dari Buta Aksara

Polisi yang bertugas di perbatasan itu berusaha membebaskan warga eks Tim-Tim dari buta aksara untuk misi yang lebih besar.

Liputan6.com, Kupang - Brigadir Krispianus Ola Komek, anggota Bhabinkamtibmas Polsek Kakuluk Mesak, yang menjadi guru bagi warga eks Timor Timur (Tim-tim) yang buta aksara di Desa Kenebibi, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), mendapat penghargaan dari Kapolres Belu AKBP Yandri Irsan.

Brigadir Krispianus yang biasa disapa Kresna ini memperoleh penghargaan atas prestasi dan keberhasilannya, dalam mengajak dan mengajar masyarakat Desa Kenebibi belajar membaca, untuk menuntaskan buta aksara di tapal batas NKRI-RDTL di Motaain.

"Penghargaan berupa piagam dan diserahkan oleh Ketua Pengadilan Negeri Belu pada saat upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-71 di lapangan simpang lima Atambua, Senin (10/7/2017)," ujar Kapolres Belu, AKBP Yandri Irsan kepada Liputan6.com, Kamis, 12 Juli 2017.

Kapolres Yandri berjanji akan memberikan bantuan sarana dan prasarana belajar mengajar kepada Brigadir Kresna. Bantuannya berupa buku dan alat tulis.

"Terus berkarya dan lakukan setiap tugas dengan ikhlas tanpa pamrih, dan buatlah keberadaan Bhabinkamtibmas bermanfaat bagi masyarakat yang selalu dibutuhkan oleh mereka," kata Yandri.

Brigadir Kresna mengatakan, apa yang dilakukannya semata-mata untuk mengubah pola pikir masyarakat yang masih tergolong terbelakang. Kondisi yang dialami mayoritas eks warga Timtim itu berimbas pada anak-anak mereka.

"Makanya, saya bentuk ini komunitas buta aksara ini. Supaya maunya mengajarkan mereka biar bisa tahu tulis, tahu baca. Di balik itu juga, kita bimbing mereka hanya untuk anak-anak mereka, supaya bisa sampaikan kepada anak-anak mereka jadi awalnya seperti itu," ujarnya.

Ia menyatakan penghargaan yang diterimanya akan dijadikan sebagai motivasi untuk tetap semangat membagikan ilmu kepada warga perbatasan di sela-sela tugasnya sebagai anggota Bhabinkabtimas.

"Saya sangat berterima kasih dan bersyukur atas penghargaan ini. Penghargaan ini sebagai motivasi buat saya ke depan dan juga motivasi buat rekan-rekan Bhabinkamtibmas yang lainnya," kata Kresna.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.