Sukses

Prediksi Kemacetan Arus Mudik Lebaran 2017 di Pantura

Liputan6.com, Pekalongan - Titik simpul kemacetan arus lalu lintas dari arah Jakarta-Semarang pada arus mudik Lebaran 2017 di jalur Pantura Barat Jawa Tengah, diprediksi bergeser dari exit tol Brebes Timur (Brexit) ke wilayah Pantura Tegal dan Pantura Pekalongan.

Jajaran kepolisian mulai berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk mempersiapkan jalur alternatif arus mudik Lebaran 2017. Salah satunya dengan meninjau kesiapan infrastruktur jelang arus mudik Lebaran yang akan segera datang dalam hitungan pekan.

Kapolres Tegal Kota AKBP Semmy Ronny Thabaa beberapa kali meninjau jalur lingkar utara (Jalingkut) Kota Tegal. Jalur itu nantinya akan digunakan sebagai jalur alternatif untuk pengalihan arus kendaraan jika di jalur Pantura padat merayap.

"Ini untuk melihat kesiapan jalur tersebut untuk menghadapi musim mudik lebaran nanti. Kami memastikan jalur alternatif siap dan layak dilalui untuk arus mudik lebaran nanti," ucap Kapolres Tegal Kota AKBP Semmy Ronny Thabaa, Senin, 8 Mei 2017.

Kapolresta menjabarkan, skema jalur alternatif yang dipersiapkan itu bagi
kendaraan yang keluar dari pintu Tol Brexit. Kendaraan yang harusnya melewati pantura akan bisa diurai dengan mengalihkan sebagian kendaraan melewati Jalingkut.

Polisi juga menyiapkan rekayasa jalan untuk mengatasi kepadatan arus kendaraan seperti contra flow (lawan arah) maupun penebalan personel dengan menempatkan di lokasi titik-titik kemacetan dan simpang jalan di jalur Pantura.

"Kami berharap, selain di pintu Tol Brexit, nantinya kendaraan yang melewati jalan tol dapat keluar di wilayah Pemalang, sehingga dapat mengurangi volume arus mudik yang melintas di pantura Kota Tegal," dia menambahkan.

Jalur Alternatif Pantura Pekalongan

Sementara itu, jajaran Kepolisian Resor Pekalongan Kota, Polda Jawa Tengah, juga mulai berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk mempersiapkan jalur alternatif arus mudik Lebaran 2017.

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Enriko Sugiharto Silalahi mengatakan, persiapan pengamanan arus mudik Lebaran mulai dilakukan oleh polisi sebagai upaya mengantisipasi kemacetan dan sesuatu hal yang tidak diinginkan bersama.

"Oleh karena itu,kami akan memperagakan langsung jalan yang nantinya akan dilakukan oleh pemudik di sejumlah jalur alternatif," ucap Enriko.

Ia menambahkan, Polres Pekalongan Kota telah berkoordinasi dengan Dishub Kota Pekalongan, Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Jasa Raharja Pekalongan terkait kesiapan pengamanan arus mudik Lebaran mendatang.

"Pada koordinasi tersebut, telah kami sampaikan keberadaan rambu lalu lintas yang perlu ditambah di sejumlah jalur alternatif, dan perbaikan jalan rusak," katanya.

Menurut dia, beberapa jalur alternatif yang akan dimanfaatkan untuk arus mudik Lebaran itu, antara lain Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Bahagia, Jalan Kemakmuran, Seruni, Jalan Ki Mangun Sarkoro hingga masuk perbatasan wilayah Kabupaten Batang.

Kendati demikian, arus mudik Lebaran 2017 diperkirakan akan lebih lancar karena pemudik bisa melalui jalur Tol Pemalang-Batang yang kini masih dikebut pengerjaannya.

"Meski arus mudik Lebaran diperkirakan lebih lancar dibanding tahun sebelumnya, tetapi kesiapan pengamanan akan tetap kami tingkatkan agar pemudik lebih aman dan nyaman," kata Enriko.