Sukses

3 Anak Orang Rimba Ikut Ujian Hari Ini

Liputan6.com, Jambi - Tiga anak orang rimba yang bermukim di kawasan pinggiran jalan lintas Kabupaten Bungo Provinsi Jambi akan mengikuti Ujian Nasional (UN) tingkat SMP yang akan dilaksanakan pada 2, 3, 4 dan 8 Mei 2017. Ketiganya akan melaksanakan ujian nasional di SMP Negeri 1 Pelepat di Kabupaten Bungo.

Kordinator Unit Pendidikan Orang Rimba KKI Warsi, Shasa, menyebutkan ketiganya adalah Seri Santoso, Edison, dan Juliana. Mereka berasal dari kelompok orang rimba Salim

Ia mengatakan anak orang rimba yang akan mengikuti ujian nasional itu memang telah masuk pada pendikan reguler atau formal dan telah berbaur dengan anak-anak penduduk setempat. Selain ujian nasional tingkat SMP, juga terdapat lima anak orang rimba yang akan mengikuti Ujian Nasional tingkat SD.

"Di antaranya Ali dan Suma dari kelompok Sargawi, kemudian Laru dan Murat dan kelompok Jelitai," kata Shasa, Senin 1 Mei 2017, dilansir Antara.

Sedangkan ujian untuk jenjang SD tahun 2017 akan digelar mulai tanggal 8-12 Mei 2017. "Untuk yang ujian nasional tingkat SD, mereka akan melaksanakan dan telah terdaftar di SD 198/II di Dusun Dwi Karya Bakti, Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo," kata Shasa.

Sementara itu, Kordinator Divisi Komunikasi KKI Warsi, Sukma Reni, mengatakan anak orang rimba yang akan mengikuti ujian nasional tidak mengalami kesulitan karena mereka telah mengenyam pendidikan formal. "Dari segi pelajaran dan mengerjakan soal tidak ada masalah," kata Reni.

Dalam akses pendidikan bagi anak orang rimba tersebut, kata dia, pihaknya telah memfasilitasi dengan mendaftarkan ke sekolah formal terdekat dan menyiapkan segala kebutuhan mereka, mulai dari seragam sekolah, alat tulis dan perlengkapan lainnya.

"Kita membangun jaringan ke sekolah-sekolah dan fasilitator pendidikan Warsi terus memantau perkembangan pendidikan anak orang rimba itu," katanya.