Sukses

Polisi Lumpuhkan 5 Terduga Teroris Penembak Polantas di Tuban

Sebelum dilumpuhkan, sempat terjadi kontak senjata antara kelompok terduga teroris dan aparat gabungan.

Liputan6.com, Tuban - Personil gabungan Polri dan TNI berhasil melumpuhkan lima terduga teroris di Tuban, Jawa Timur. Perburuan kelima teroris tersebut dilakukan setelah mereka menembaki anggota polisi lalu lintas Polres Tuban di jalan Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

"Saya pastikan pelaku adalah terduga teroris," tutur Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur, Kombes Pol Frans Barung Mangera saat dikonfirmasi Liputan6.com melalui pesan singkat, Sabtu (8/4/2017).

Frans menegaskan, jumlah pelaku yang diburu di kawasan perkebunan dan hutan itu antara lima hingga enam orang terduga teroris. Kontak senjata terjadi dan semua pelaku berhasil dikumpulkan oleh peluru anggota.

"Semua pelaku berhasil dikumpulkan dan kami tegaskan, tidak ada satupun anggota polisi dan TNI yang terluka," ujar Frans.

Dari data yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, terdapat sebuah mobil Daihatsu Terios nomor polisi H 9037 BZ, yang diduga membawa benda mencurigakan dihentikan petugas Lalu Lintas Polres Tuban di jalur Tuban-Semarang pada Sabtu pagi, 8 April 2017, sekira pukul 10.00 WIB.

Pelaku terduga teroris yang diperkirakan berjumlah lima orang sempat menembaki polisi lalu lintas sebelum kabur ke hutan. Polisi memasangi mobil pelaku dengan garis polisi dan melakukan penggeladahan. Hasilnya, ditemukan sejumlah barang bukti di, di antaranya satu kotak kertas berisi amunisi, lima buah telepon genggam, dua buah kitab, satu lembar paspor, dan satu unit HT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.