Sukses

Awas, Lalin Tol Cipularang Macet Parah

Kemacetan mencapai 10 kilometer.

Liputan6.com, Bandung - Arus lalu lintas kendaraan di Tol Cipularang di wilayah Purwakarta, Jawa Barat mengalami kemacetan parah. Kendaraan yang mengarah ke Bandung dari Jakarta nyaris tidak bergerak sejak Selasa (27/12/2016) pagi.

Ribuan kendaraan yang masuk jalan berbayar itu terjebak macet hingga berjam-jam.

"Tadi saya kejebak macet mulai dari Kilometer 72 sampai Kilometer 84. Sekitar dua jam kejebak," kata, Luna, salah seorang pengguna jalan asal Jakarta.

"Saya terpaksa turun dari mobil di tol dan cari jalan arteri untuk bisa menemukan angkutan. Karena kalau nunggu terus mau sampai kapan?" keluh Luna.

Begitu pun dengan Fitri Amalia, salah seorang pengguna tol. Dia mengaku perjalanan menuju Bandung lebih lama sekitar satu jam dibandingkan kondisi normal.

"Tadi sampai Suropati jam 10, telat satu jam dari normalnya. Mungkin siangan dikit bisa lebih lama, 2-3 jam telatnya," ujar mahasiswi Universitas Padjadjaran yang biasa bolak-balik Jakarta-Bandung ini.

Fitri menambahkan begitu melewati percabangan Jatiluhur, lalu lintas kembali lancar.

"Itu tadi macet yang keluar Jatiluhur karena pengalihan untuk bis dan truk. Jadi, sementara ke Bandung jangan naik bus dulu," ujar dia.

Kemacetan di jalan Tol Cipularang jalur Jakarta menuju Bandung merupakan dampak dari pengalihan arus kendaraan besar di Kilometer 84 melalui pintu keluar Tol Jatiluhur. Hal itu terjadi lantaran kendaraan besar yang dialihkan ke jalan arteri tidak bisa keluar karena kondisi jalan di jalan Purwakarta-Bandung mengalami kemacetan parah.

Pengalihan kendaraan besar di Tol Cipularang setelah Jembatan Cisomang di Kilometer 100.800 di wilayah Darangdan mengalami pergeseran dan retakan dan hanya bisa dilalui kendaraan kecil.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.