Sukses

'Nyi Ratu Kidul' Muncul Saat Pengukuhan Paskibra Purwakarta

Bupati Purwakarta punya tafsir sendiri soal Nyi Ratu Kidul

Liputan6.com, Purwakarta - Ada yang berbeda dari prosesi peringatan kemerdekaan RI di Purwakarta. Biasanya, bendera Merah Putih diserahkan secara langsung oleh kepala daerah kepada petugas pengibar bendera atau Paskibra. Tetapi runutan protokoler resmi seperti ini diubah oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

Dalam pengukuhan Paskibra yang digelar Selasa malam 16 Agustus 2016, Bendera Merah Putih tersebut diterima oleh Bupati Dedi dari sosok yang digambarkan sebagai Nyi Ratu Kidul . Setelah itu bendera diserahkan kepada Paskibra yang sudah dikukuhkan.

Menurut dia, kreasi itu untuk mengembalikan kultur Merah Putih kepada akar kebudayaan dan tradisi bangsa Indonesia. Dia menjelaskan, ‘Merah’ dan ‘Putih’ sebenarnya dua warna yang melekat pada manusia Indonesia sejak lahir.

"Ingat enggak dulu saat pertama kita lahir, orang tua kita membuat bubur merah dan bubur putih saat memberi kita nama. Jadi kedua warna ini akrab dengan manusia Indonesia," kata Dedi.

Nyi Ratu Kidul, dia menjelaskan, merupakan simbol sosok ibu penjaga. "Kenapa Merah Putih itu saya peroleh dari sosok Nyi Ratu Kidul? Karena Ratu Kidul ini kan simbol penjaga laut. Maka mereka yang merusak laut itu tidak memiliki jiwa Nasionalisme," ujar dia.

"Saya pernah katakan bahwa Menteri Kelautan dan Perikanan, Ibu Susi Pudjiastuti itu Nyi Ratu Kidul. Karena dia berani mengebom kapal-kapal pencuri kekayaan laut Indonesia."

Pemeran karakter Nyi Ratu Kidul dalam tarian kolosal pengukuhan pasukan pengibar bendera, Cinta Rizkiya, mengaku bangga dapat membawakan tarian kolosal itu di hadapan Forum Komunikasi Pemerintah Daerah. Bukan sekali ini saja, dia sudah membawakan tarian tersebut dia pentaskan dalam berbagai acara di Kabupaten Purwakarta.

 

Ada lakon Nyi Ratu Kidul dalam prosesi penyerahan bendera di Purwakarta (Liputan6.com / Abramena)

"Bangga saja bisa membawakan tarian kolosal itu. Nyi Ratu Kidul kan tokoh yang melegenda, awalnya memang agak canggung takut tidak bisa. Tapi setelah berlatih canggungnya hilang. Saat menari itu suka merinding enggak tau kenapa" ujar Cinta, di sela acara.

Bendera Merah Putih yang akan dikibarkan oleh petugas pengibar bendera pada Rabu (17/8/2016), kini tersimpan rapi di Museum Bale Panyawangan Diorama Tatar Sunda, Jalan KK Singawinata, Purwakarta. Rencananya, bendera tersebut akan diarak menuju Taman Pesanggrahan Padjadjaran sebelum dikibarkan esok hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.