Sukses

Aksi Simpatik Mahasiswi Cantik di Pelabuhan Soeta

Mereka memberikan pelayanan kesehatan dan obat gratis bagi para pemudik dan pekerja di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar.

Liputan6.com, Makassar - Dengan cekatan paramedis cantik asal Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar mengecek kesehatan para pemudik, pegawai dan karyawan serta para buruh yang beraktivitas di Pelabuhan Soekarno-Hatta (Soeta), Makassar, Sulawesi Selatan, jelang Idul Fitri 1437 H.

Salah seorang paramedis, Dian Eka Saputri mengatakan, ia bersama dua rekannya yang juga berasal dari FK UMI Makassar bersiaga di posko mudik di Pelabuhan Soeta sejak Sabtu 2 Juli 2016.

Menurut dian, keikutsertaan FK UMI dalam Operasi Ramadniya khususnya untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada para pemudik jelang Lebaran. Tak hanya didirikan di Pelabuhan Soeta, posko kesehatan juga terdapat di Pasar Daya dan Bandara Internasional Hasanuddin, Makassar.

"Kami memberikan pelayanan kesehatan gratis serta obat yang gratis juga. Jadi di posko ini baik penumpang kapal, karyawan, sekuriti serta para buruhi bisa periksakan diri. Di antaranya cek gula darah, asam urat serta tekanan darah," ucap Dian di lokasi, Senin, 4 Juli 2016.

Setelah para pasien diperiksa, menurut Dian, mereka diberi obat gratis. Bila sakitnya parah, pasien dirujuk ke rumah sakit.

Ternyata, banyak pasien yang umumnya karyawan dan buruh Pelabuhan Soeta Makassar menderita diabetes. "Sementara pemudik atau penumpang kapal ada yang menderita asam urat atau sering kesemutan. Hal itu karena aktivitas kerjaan yang sangat padat apalagi jelang Lebaran ini," Dian menerangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini