Sukses

Kebut Operasional Tol Soreang-Pasirkoja, Kontraktor Kerja 24 Jam

Tol Soreang-Pasirkoja akan menunjang pelaksanaan PON XIX di Jawa Barat pada September mendatang.

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher menuturkan proses uji coba Jalan Tol Soreang-Pasirkoja secara gratis untuk masyarakat ditargetkan bisa dilakukan pada akhir Juli atau awal Agustus 2016.

"Kalau dioperasikan untuk bayar itu bulan September. Jadi, bulan Agustus atau akhir Juli itu dilalui dan gratis. Uji coba gratis untuk masyarakat," kata Ahmad Heryawan usai meninjau lokasi groundbreaking Tol Soroja, di Kabupaten Bandung, dilansir Antara, Selasa (5/3).

Dia menyebutkan jumlah kendaraan yang melintas saat pengoperasian pertama Tol Soroja diprediksi bisa mencapai ribuan unit kendaraan.

"Mudah-mudahan saat opening nanti bisa mencapai 22 ribu (kendaraan) dan untuk tarif kita belum berpikir berapa. Yang penting pengerjaannya sekarang bisa selesai sesuai target dan bisa diujicobakan akhir Juli atau awal September nanti," kata Aher.


Dia mengatakan bahwa pembangunan Tol Soroja tersebut juga akan menunjang pelaksanaan PON XIX Tahun 2016 di Jawa Barat yang akan dilaksanakan pada September nanti.

Direktur Utama PT Citra Marga Lintas Jabar Bagus Medi, selaku Badan Usaha Jalan Tol untuk Tol Soreang-Pasirkoja menuturkan hingga saat ini, pembangunan konstruksi tol tersebut sudah mencapai 20 persen.

"Secara konstruksi, teknisnya tidak ada masalah bisa dilalui awal Agustus, meskipun cuaca kurang bagus tapi tidak masalah. Progress-nya tiang pancang sudah dan kita sekarang sudah on going," kata Bagus Medi.

Cuaca yakni musim penghujan yang terjadi sejak awal tahun 2016 ini menjadi faktor penghambat dalam pembangunan Tol Soroja tersebut.

Dia mengatakan pihaknya akan memberlakukan jam kerja selama 24 jam agar bisa menyelesaikan target pembangunan jalan Tol Soroja, yakni bisa dilalui pada Agustus 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.