Sukses

Canda Gubernur Ganjar Saat Lihat Gerhana Matahari di Solo

Liputan6.com, Solo - ‎Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyaksikan fenomena alam gerhana matahari di Observtarium Pondok Pesantren Assalam, Solo. Ganjar pun berharap bahwa peristiwa alam yang langka itu bisa menjadi wisata sains.

Pantauan Liputan6.com, Rabu (9/3/2016) Ganjar tiba di Observatorium Assalam sekitar pukul 06.40 WIB. Ganjar yang datang mengenakan kostum olahraga sepeda itu pun langsun‎g masuk ke dom observatorium yang berisi teleskop.

Tak hanya itu, politisi PDIP itu juga langsung naik ke tangga untuk melihat proses terjadinya gerhana alam dengan menggunakan teleskop tersebut. Ia pun terlihat menikmati melihat proses terjadinya gerhana matahari. Bahkan, Ganjar pun bercanda kalau proses gerhana tidak disebabkan dimakan buto.

"Tapi itu buk‎an dimakan buto lho terjadinya gerhana," seloroh dia yang disambut tertawa oleh para pengurus observatorium.

Setelah melihat melalui teleskop, Ganjar pun keluar dari dom untuk menyapa para ‎pengunjung yang memadati area observatorium sejak pagi. Suami Atiqoh itu pun kembali mencoba melihat proses fenomena alam yang langka itu dengan kacamata solar filter yang disediakan pengelola observatorium.

Gan‎jar mengungkapkan, fenomena alam ini sudah menjadi wisata sains. Para ilmuwan akan membahas mengenai proses terjadinya alam tersebut.

"Selain wisata sains untuk para ilmuwan. Gerhana juga memiliki hikmah spiritual jika manusia hanya kecil di hadapan-Nya. Oleh sebab itu, saat gerhana umat Islam melaksanakan salat gerhana," ungkap Ganjar.