Sukses

Janji Pulau Berhala Zumi Zola Ditagih

Seorang politisi bernazar akan menyantuni anak yatim begitu Zumi Zola bisa mengambil kembali Pulau Berhala.

Liputan6.com, Jambi - Praktisi Hukum Universitas Jambi Bahder Johan Nasution mengatakan Gubernur Jambi Zumi Zola harus melakukan pendekatan politik sebagai upaya memperoleh kembali Pulau Berhala. Pulau itu kini telah menjadi milik Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

"Upaya yang harus dilakukan adalah memperkuat komunikasi di tingkatan eksekutif dan legislatif di pusat. Selain itu juga perlu pendekatan politis dari Gubernur Zumi Zola," kata dia di Jambi, seperti dikutip Antara, Kamis (25/2/2016).

Menurut dia, upaya mendapatkan kembali Pulau Berhala yang dulu masuk dalam Kabupaten Tanjung Jabung Timur Jambi itu terlambat dilakukan Pemprov Jambi sebelumnya. Namun karena hal itu sudah termasuk janji politik kepada masyarakat Jambi semasa kampanye,  Zola harus memperjuangkannya.

"Upaya lain sebenarnya ada, yakni melobi DPR RI untuk melakukan pergantian undang-undang tentang pembentukan wilayah itu. Tapi ini juga sudah terlambat, tapi tidak apa-apalah yang penting ada perjuangan terhadap janji politiknya," kata Bahder.


Upaya lain yang juga bisa ditempuh adalah melalui jalur sejarah. Salah satunya melakukan penelitian ke Belanda untuk mencari jejak kerajaan Hindu yang pernah ada di Jambi maupun di Kepri.

"Langkah yang juga bagus diambil Gubernur Jambi Zumi Zola adalah mengumpulkan para ahli di Jambi dan meminta pandangannya untuk melakukan pengkajian, baik sejarah dan hukumnya. Matangkan dulu kajiannya di Jambi, baru berangkat ke Jakarta, jangan seperti yang sudah-sudah," ujarnya.

Mantan tim ahli MK itu menambahkan, upaya mengambil Pulau Berhala dari Kepri secara hukum sudah tidak ada jalan lagi. Pasalnya, putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap kepemilikan Pulau Berhala yang kini berada di Kepri sifatnya telah final dan mengikat.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Ar Syahbandar, mendukung penuh wacana Zumi Zola mengembalikan Pulau Berhala ke pangkuan provinsi Jambi.

"Saya mengapresiasi sekali keinginan pak gubernur dan kita sangat mendukung itu. Saya berharap Zumi Zola mampu mewujudkan itu," kata politis Partai Gerindra itu.

Selain itu Syahbandar juga menyatakan, Zola bisa disebut sebagai pahlawan kalau Pulau Berhala kembali menjadi milik Provinsi Jambi.

"Kalau memang nanti berhasil, saya akan bernazar memberikan nafkah anak yatim," kata Syahbandar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini