Sukses

Abrasi Makin Parah, Sekolah di Jembrana Nyaris Ambruk

Beberapa bangunan permanen sudah hancur. Termasuk salah satunya bangunan sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri.

Liputan6.com, Denpasar - Abrasi di pesisir Pebuahan, Desa Banyubiru, Kecamatan Negara, Kebupaten Jembrana, Bali, belakangan ini semakin parah. ‎Sejumlah bangunan lesehan dan sekolah hancur tergerus air laut. Kondisi daratan tidak merata lantaran penanganan tidak sama. Di beberapa lesehan dipasang batu bronjong secara swadaya oleh pemilik, namun banyak pula yang hanya mengandalkan karung-karung berisi pasir.

Nampak beberapa bangunan permanen sudah hancur. Termasuk salah satunya bangunan sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri yang menampung siswa sekolah dasar di wilayah pesisir itu. Hampir separuh gedung yang baru dibangun itu sudah hilang dibagian dasarnya. Agar atap tidak roboh, ditopang pakai kayu.

Dari informasi yang dihimpun, sebagian gedung yang masih berdiri masih digunakan untuk sekolah siswa kelas 5 dan 6. Sedangkan siswa kelas 1 sampai kelas 4 diungsikan ke gedung lainnya yang berada di sisi utara jalan.

"Sejak 2 tahun abrasi di sini semakin parah. Warung saya juga sudah lenyap tergerus air. Bagunan lain juga banyak yang hancur karena daratan hancur," ujar Sri Astuti, salah seorang warga sekaligus pemilik warung yang tergerus air laut di Jembrana, Senin (16  November 2015).

Menurut Sri, selama 8 tahun membuka warung, dampak abrasi sangat terasa setahun terakhir. Sebenarnya ia sudah berusaha memasang karung-karung berisi pasir. Namun, lantaran dikelilingi batu bronjong yang dipasang swadaya, air laut justru lebih cepat menggerus lahannya. "Ya, karena air pecah dan lebih banyak lari ke sini, karena itu lebih banyak tanah di sini yang tergerus," ujar dia.  

Saat ini banyak juga bangunan warga yang belum terlindungi, termasuk fasilitas umum seperti gedung sekolah madrasah tersebut. (Sun/Nil)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.