Sukses

10 Keutamaan Membaca Surat Yasin, Lancarkan Rezeki Hingga Diampuni Dosanya

Liputan6.com, Jakarta Surat Yasin memiliki keutamaan yang besar dalam Islam sehingga patut untuk dibaca pada beberapa waktu. Misalnya pada waktu sebelum tidur, setelah sholat Subuh atau dalam beberapa waktu lain.

Selain itu, surat Yasin juga disebut kalbunya Al-Qur’an. Orang yang membaca surat yasin setiap malam hari akan mendapat pahala seperti membaca Al-Qur’an 10 kali.  Surat Yasin merupakan surat ke-38 dalam Al-Qur’an.

Surat berjumlah 83 ayat itu masuk dalam surat Makiyah atau yang diturunkan di Makkah. Surat Yasin mengandung tiga pokok pembahasan. Hal pertama, membahas mengenai keimanan terhadap hari kebangkitan. Hal kedua, memuat pengetahuan sejarah seputar kehidupan penduduk di suatu desa, terutama supaya dapat diambil hikmahnya. Hal ketiga, surat Yasin mengandung dalil-dalil untuk menegaskan kepada umat Islam mengenai keesaan Allah SWT.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai keutamaan rutin membaca surat Yasin yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (7/5/2022).

2 dari 4 halaman

Keutamaan Membaca Surat Yasin

1. Memperoleh Kelancaran Rezeki 

Setiap manusia, pasti berkeinginan untuk mendapat kelancaran rezeki dalam setiap usaha atau kerjanya. Oleh sebab itu, umat Islam dianjurkan untuk membaca surat yasin secara rutin agar memperoleh kelancaran rezeki. Syaratnya harus dibaca dan diniati dengan sepenuh hati untuk mendapat ridho dari Allah SWT. 

Menurut Imam Ad-Darimi, barang siapa membaca Surat Yasin di pagi hari, maka pekerjaannya di hari itu bakal dilancarkan Allah SWT.

"Dan bila membacanya di akhir hari, maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga," 

2. Memperoleh Keberkahan dari Allah SWT 

Dengan membaca surat Yasin, Allah akan memberikan limpahan keberkahan terhadao umatNya. Dianjurkan untuk membaca surat Yasin di pagi hari. Anjuran tersebut dibenarkan oleh Imam Ad-Darimi dalam sunannya. 

"Siapa yang membaca surat Yasin pada awal pagi, seluruh hajatnya akan dikabulkan oleh Allah," Imam Ad-Darimi dalam kitabnya. 

3. Memperoleh Kebahagiaan 

Jika kesedihan menghampiri hidup kita, maka dengan membaca surat Yasin dapat menghilangkannya. Sehingga, dengan membaca surat Yasin akan mendatangkan kebahagiaan dalam hidup kita. Maka dari itu jangan merasa putus asa atau merasa sendiri jika sedang bersedih. Ingatlah Allah SWT setiap waktu, membaca surat Yasin juga menjadi pengobat dari rasa sedih. 

Berdasarkan firman Allah SWT dalam Surat Ar-Rad ayat 28, dengan mengingat-Nya hati menjadi tenang,

"Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram."

3 dari 4 halaman

Keutamaan Membaca Surat Yasin

4. Memperoleh Ampunan dari Allah SWT

Setiap manusia pasti memiliki dosa, karena sejatinya tidak ada manusia yang sempurna. Maka dari itu, mintalah ampunan kepada Allah. Membaca surat Yasin juga akan memperoleh ampunan dari Allah SWT. 

Seperti pernah diungkapkan Abu Hurairah Ra berdasarkan hadis yang diriwayatkan At-Thabrani dan Al-Baihaqi,

"Siapa yang membaca (Surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridaan Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya."

5. Mempermudah Sakaratul Maut 

Setiap manusia akan mengalami kematian, ada beberapa proses yang akan dialami salah satunya yaitu sakaratul maut. Dalam beberapa hadis dan ayat Al-Qur’an dijelaskan bahwa proses sakaratul maut sangatlah menyakitkan. Jika mengamalkan bacaan surat Yasin semasa hidup, maka Allah SWT akan mempermudah proses sakaratul mautnya. Hal ini seperti dijelaskan dalam tafsir Al-Qur'an Al-Azhim:

"Membaca Surat Yasin di sisi mayat akan menurunkan banyak rahmat dan berkah dan memudahkan keluarnya ruh." (Tafsir Al-Qur'an Al-Azhim 6/562 daran nassyr wat tauzi)

"Disunnahkan membaca Surat Yasin di samping seseorang yang sedang menghadapi kematian." (Al–Majmu’syaih Al-Muhadzdzab 5 /76 Dar’alim alkitab)

6. Terhindar dari Siksa Kubur 

Sebelum menjalani kehidupan abadi di akhirat, manusia akan melewati alam kubur. Jika semasa hidup orang tersebut baik menurut Allah SWT, maka ia akan terhindar dari siksa kubur. Salah satu amalan yang dapat meringankan siksa kubur adalah dengan rutin membaca surat Yasin. 

"Barang siap yang mengunjungi makam seseorang dan membacakan Surat Yasin, maka pada hari itu Allah SWT meringankan siksa kubur mereka. Serta, diberikannya kebaikan bagi sejumlah penghuni kubur di pekuburan itu." (Tafsir Nur ats-tsagalayn 4/373).

7. Terlindungi dari Malapetaka 

Sesuai dengan ajaran agama Islam, surat Yasin dapat melindungi manusia dari malapetaka. Maka dari itu, seringlah membaca surat Yasin jika hidup Anda terasa berat dan sering tertimpa masalah. 

Allah SWT pun akan memberikan perlindungan kepada umat-Nya dengan menjauhkan dari segala penyakit, dilindungi selama hidup di dunia dan akhirat. Serta, mati syahid dan dimudahkan saat akan keluar ruh.

4 dari 4 halaman

Keutamaan Membaca Surat Yasin

8. Mendapatkan Kemuliaan

Pada dasarnya, setiap surat di dalam Al-Qur’an itu memberikan kebaikan. Dengan membaca Al-Qur’an secara rutin termasuk juga surat Yasin, maka seseorang akan dimuliakan oleh Allah SWT. Sebagaimana dijelaskan dalam hadis:

“Siapa yang membaca Alquran dan beramal dengan isi kandungannya, dianugerahkan kedua ibu bapaknya mahkota di hari kiamat. Cahayanya (mahkota) lebih baik dari cahaya matahari di rumah-rumah dunia. Kalaulah demikian itu matahari berada di rumahmu (dipenuhi dengan sinarnya), maka apa sangkaan kamu terhadap yang beramal dengan ini (Alquran).” (HR Abu Daud).

9. Meningkatkan Keimanan dan Pahala

Apabila seseorang membaca surat Yasin dengan memahami artinya, maka orang tersebut akan memahami betapa besar keagungan Allah SWT. Bahwa betapa mengerikannya kematian dan bagaimana perjuangan para pendakwah di masa lalu demi membela islam.

Tentunya hal ini bisa membuat keimanan seseorang semakin bertambah. Selain itu, Rasulullah SAW bersabda:

“Surat Yasin adalah jantung Alquran. Dan siapa yang membaca Yasin akan diberikan pahala sama seperti 10 kali membaca Alquran,” (HR At-Tirmidzi dan Ad-Darimi).

10. Memperoleh Pahala seperti Orang Bersedekah

Rasulullah SAW bersabda:

“Orang yang membaca Alquran terang-terangan seperti orang yang bersedekah terang-terangan, orang yang membaca Alquran secara tersembunyi seperti orang yang bersedekah secara sembunyi,” (HR Abu Dawud, Tirmidzi dan Nasa’i).