Sukses

10 Rekomendasi Serum yang Cocok untuk Kulit Wajah Beruntusan

Kini, banyak cara untuk mengatasi masalah kulit beruntusan, salah satunya dengan menggunakan serum. Yuk simak 10 rekomendasi serum berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta Beruntusan merupakan masalah umum yang dialami oleh banyak orang, terutama mereka yang memiliki jenis kulit berminyak atau kombinasi. Kondisi ini sering kali disebabkan oleh penumpukan minyak dan sel kulit mati di dalam pori-pori, yang kemudian menyebabkan peradangan dan munculnya komedo. 

Oleh karena itu, penting untuk memilih serum yang dapat membantu membersihkan pori-pori secara mendalam dan mengontrol produksi minyak berlebihan. Dalam menentukan serum terbaik untuk mengatasi beruntusan, faktor seperti kandungan bahan aktif, tekstur, dan khasiatnya menjadi pertimbangan utama. 

Dengan demikian, pengguna dapat menemukan solusi yang efektif untuk masalah beruntusan pada wajah serta mendapatkan kulit yang sehat dan bersinar, sehingga akan menambah rasa percaya diri pada penampilan.

Berikut 10 rekomendasi serum untuk wajah beruntusan, yang telah disajikan dari berbagai sumber pada Senin (13/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 16 halaman

1. Skintific 2% Salicylic Acid Anti Acne Serum

Serum ini menggabungkan salicylic acid dan niacinamide dalam kadar yang cukup tinggi. Kedua bahan tersebut memiliki manfaat dalam mengatasi jerawat, meningkatkan pertahanan kulit, dan mengurangi bekas jerawat. 

Penggunaan serum ini adalah solusi yang praktis untuk mengatasi masalah kulit wajah. Selain itu, formula serum ini juga diperkaya dengan ceramide yang berperan dalam melembabkan kulit.

Produk serum ini tersedia dalam dua varian kemasan, yakni 20 ml dan 50 ml. Varian 20 ml cocok untuk dibawa saat bepergian karena ukurannya yang praktis dan tidak memakan banyak tempat di dalam pouch perawatan kulit. Serum dari Skintific ini memiliki harga sekitar Rp169.000.

3 dari 16 halaman

2. Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum

Bagi yang memiliki kulit berminyak seringkali mengalami kendala seperti jerawat dan beruntusan, yang dapat mengganggu penampilan. Untuk mengatasi permasalahan ini, disarankan untuk mencoba serum dari Somethinc.

Serum ini mengandung salicylic acid yang membantu mengurangi kelebihan minyak dan melawan bakteri penyebab jerawat. Tak hanya itu, terdapat pula bakuchiol dalam formulanya yang bertugas memperbaiki skin barrier serta mengurangi jerawat. Untuk harganya sekitar Rp109.000.

4 dari 16 halaman

3. The Originote Acne B5 Serum

Serum Originote Acne B5 mengandung salicylic acid dan panthenol yang dapat mengatur produksi minyak dan memberikan kelembaban ekstra pada kulit. 

Tidak hanya itu, formula ini juga mengandung tamanu oil, yang terkenal karena kemampuannya dalam mempercepat proses penyembuhan jerawat. Serum dari The Originote ini tersedia dengan harga sekitar Rp55.000.

5 dari 16 halaman

4. Azarine Acne Spot Serum

Serum Spot Jerawat dari Azarine ini ditawarkan dengan harga di bawah 50 ribu rupiah, yaitu hanya sekitar Rp29.000, menjadikannya pilihan yang ekonomis. 

Serum ini mengandung succinic acid sebagai bahan antibakteri, produk ini efektif melawan bakteri penyebab jerawat. Tidak hanya itu, serum ini juga mengandung alpha arbutin yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. 

6 dari 16 halaman

5. WhiteLab Acne Calming Serum

Jika memiliki kulit cenderung sensitif, serum ini dapat dipertimbangkan. Dengan mengandung mugwort, Whitelab Acne Calming Serum dipercaya dapat meredakan kemerahan dan iritasi yang sering terjadi akibat jerawat. Kandungan ini juga efektif mengatasi beruntusan dengan mengontrol produksi minyak berlebih.

Serum ini tidak mengandung alkohol dan pewangi, dan telah diuji secara dermatologis untuk memastikan keamanannya bagi kulit sensitif. Dengan tekstur yang ringan, serum ini mudah diserap oleh kulit. Untuk harganya sekitar Rp84.000.

7 dari 16 halaman

6. Avoskin Serum Miraculous Refining

Serum Avoskin ini diformulasikan khusus untuk meningkatkan tekstur kulit dengan mengurangi ukuran pori-pori dan menyamarkan komedo secara efektif.

Dengan formula yang ringan dan cepat diserap, produk ini sesuai untuk semua jenis kulit. Kandungan eksfoliannya juga berperan dalam mengendalikan produksi minyak berlebih, sehingga membantu kulit terbebas dari jerawat dan beruntusan.

Serum ini juga dibuat dengan perpaduan bahan alami yang diproses menggunakan teknologi modern, sehingga menghasilkan kinerja produk yang optimal, aman, dan cocok untuk digunakan dalam rutinitas perawatan kulit sehari-hari. Serum ini memiliki harga sekitar Rp250.000.

8 dari 16 halaman

7. Some By Mi Snail Truecica Miracle Repair Serum

Serum Some By Mi memiliki dua bahan utama, yaitu lendir siput (snail mucin) dan Truecica, yang memiliki efek menenangkan pada kulit yang iritasi dan memperkuat barrier kulit. Selain itu, kandungan alami seperti ekstrak sage, kulit willow, dan allantoin cocok untuk kulit sensitif.

Kolagen dan protein alami dalam serum ini membantu memperbaiki tekstur kulit yang bermasalah seperti jerawat dan komedo, sementara asam glikolat mengontrol produksi minyak berlebih. Serum ini terbukti efektif dalam mengatasi bekas jerawat yang menyebabkan kemerahan pada kulit. Untuk harganya sekitar Rp357.000.

9 dari 16 halaman

8. Hanasui Power Acne Serum

Meskipun mengandung bahan eksfolian, serum ini terjangkau dengan harga hanya Rp30.000. Dibuat dengan bahan berkualitas, serum ini membantu membersihkan pori-pori, mengurangi peradangan, dan mencegah jerawat baru muncul. 

10 dari 16 halaman

9. Azarine PHA 10% + Astaxanthin Hilarious Serum

Jika ingin mencari serum untuk kulit sensitif yang bisa meregenerasi kulit, cobalah serum ini. Serum dengan 10% asam lactobionic (PHA) ini aman untuk kulit sensitif karena partikelnya memiliki ukuran yang besar.

Serum ini bertugas mengangkat sel kulit mati, meregenerasi kulit, mengurangi bekas jerawat, dan mengatasi kulit kusam. Serum ini juga mengandung dermasooth dan astaxanthin, yang membantu menenangkan kulit iritasi, bertindak sebagai antioksidan, dan memperlambat penuaan dini. Untuk harganya sekitar Rp99.000.

11 dari 16 halaman

10. NeoStrata Bionic Face Serum

NeoStrata Bionic Face Serum merupakan solusi optimal untuk memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Dengan campuran asam hialuronat dan polihidroksi asam dalam formulanya, serum ini membantu mengurangi garis halus, meratakan warna kulit, dan meningkatkan kelembaban. 

Meskipun begitu, produk ini juga efektif dalam mengatasi komedo karena mengandung PHA yang melakukan eksfoliasi kulit dengan lebih lembut. Produk ini tersedia dengan harga sekitar Rp570.000.

12 dari 16 halaman

Muka Beruntusan Harus Pakai Apa?

Untuk mengatasi bruntusan yang merupakan kumpulan komedo, penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung bahan eksfoliasi seperti asam salisilat dan asam glikolat bisa membantu membersihkan pori-pori dari sumbatan. Kedua jenis asam ini dapat mengendurkan ikatan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori, memungkinkan mereka terlepas dengan lebih mudah dan cepat.

13 dari 16 halaman

Beruntusan di Wajah Obatnya Apa?

Jika Anda memiliki kulit bruntusan yang juga disertai jerawat, disarankan untuk menggunakan pembersih wajah yang mengandung asam salisilat dan benzoil peroksida. Asam salisilat bertugas membersihkan pori-pori dan mencegah bruntusan, sementara benzoil peroksida efektif melawan bakteri yang menyebabkan jerawat.

14 dari 16 halaman

Apakah Beruntusan Boleh Pakai Serum Niacinamide?

Anda mungkin sudah familiar dengan niacinamide. Ya, niacinamide adalah salah satu bahan dalam perawatan kulit yang dapat mengatasi bruntusan. Sebagai bentuk vitamin B3, niacinamide membantu mengurangi kemerahan dan peradangan yang terjadi pada bruntusan.

15 dari 16 halaman

Apa yang Memperburuk Beruntusan?

Beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko munculnya bruntusan meliputi: produksi keringat yang berlebihan karena terpapar langsung sinar matahari, masuknya kotoran dari rambut ke dalam pori-pori kulit, dan kurangnya membersihkan makeup secara menyeluruh.

16 dari 16 halaman

Kenapa Beruntusan Semakin Banyak?

Penyebab dari munculnya bruntusan meliputi akumulasi komedo yang disebabkan oleh minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit wajah, serta keratosis pilaris, suatu kondisi kulit yang berbintik-bintik dan kasar seperti kulit ayam, yang disebabkan oleh penumpukan keratin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.