Sukses

Cara Asyik Manfaatkan Smartphone Agar Perjalanan Arus Balik Tak Membosankan

Liputan6.com, Jakarta - Saat siap kembali beraktivitas minggu depan, selama arus balik nanti di perjalanan darat atau laut, tentunya banyak waktu yang dihabiskan di perjalanan. Jika tidak ada kegiatan yang dilakukan, kamu pasti akan merasa bosan.

Biasanya, perangkat mobile seperti smartphone akan menjadi teman setia selama di perjalanan. Berbagai hal bisa kita lakukan untuk mengusir kebosanan, mulai dari chatting, akses sosial media, menonton film, mendengarkan musik, memotret momen yang ditemui di perjalanan, hingga bermain game.

Tapi keberadaan smartphone akan sia-sia jika baterainya tidak bisa bertahan selama seharian. Bukannya menghabiskan waktu dengan beragam kegiatan yang menyenangkan, kamu malah dibuat kesal karena smartphone yang tidak bisa digunakan.

Maka dari itu, ada baiknya kamu menggunakan smartphone yang bisa memberikan daya tahan hingga seharian penuh. Salah satunya adalah smartphone baru Realme C35 yang diperkuat baterai berkapasitas 5000mAh.

Dengan sumber daya baterai jumbo, kamu tidak perlu khawatir baterai smartphone akan cepat habis. Menonton film hingga bermain game bisa kamu lakukan dengan leluasa selama perjalanan ke kampung halaman hingga kembali ke rumah.

Menikmati Tontonan Favorit Selama Perjalanan

Menonton video atau streaming film menjadi salah satu kegiatan mengusir bosan selama mudik Lebaran. Realme C35 bisa mengakomodir kebutuhan ini tanpa membuat kamu khawatir baterai akan cepat tersedot habis.

Dari pengujian yang dilakukan tim Realme selama mudik, dikutip Jumat (6/5/2022), untuk menonton video 720p secara online dengan durasi sekitar 1 jam, kapasitas baterai hanya berkurang 6 persen.

Selain baterainya yang awet, pengalaman visual juga semakin imersif berkat layar 6,6 inci beresolusi Full HD+ yang tersemat di Realme C35

 

2 dari 5 halaman

Realme C35

Jika bosan menonton, kamu bisa beralih ke hiburan lainnya, yaitu bermain game. Kamu bisa memainkan game favorit seperti Mobile Legends atau PUBG Mobile bersama teman-teman.

Realme C35 hadir dengan performa yang diandalkan untuk bermain game berkat dukungan prosesor Unisoc T616. Prosesor ini memiliki clock speed hingga 2.0 GHz dan didukung RAM 4GB yang memungkinkan kamu bermain deretan game populer saat ini dengan lancar.

Untuk urusan menyimpan aplikasi dan file, Realme C35 memiliki memori internal hingga 128GB. Kamu juga masih bisa menambahkan microSD hingga kapasitas 1TB. Dengan demikian, kamu bisa meng-install banyak game untuk menemani selama perjalanan mudik.

Selama pengujian tim Realme dalam bermain game Mobile Legends, baterai dari realme C35 berkurang 1 persen untuk memainkan satu match berdurasi sekitar 8 menit.

Walaupun baterainya sudah berkapasitas besar, Realme juga membenamkan mode Hemat Daya. Ketika mengaktifkan mode ini, realme C35 dapat 50 jam waktu siaga, 1,89 jam untuk melakukan panggilan, 3,65 jam mendengarkan Spotify, dan hampir satu jam mengobrol melalui WhatsApp hanya dengan baterai 5 persen.

Sebagai informasi, smartphone ini sudah resmi dijual di Indonesia dengan harga Rp 2.199.000 untuk varian 4GB/64GB. Sementara versi 4GB/128GB dibanderol Rp 2.399.000.

3 dari 5 halaman

Erick Thohir Pastikan Fasilitas Transportasi Siap Hadapi Arus Balik Lebaran 2022

Terkait arus balik, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan kelancaran arus balik mudik Lebaran 2022. Salah satunya di sektor penyeberangan. 

Erick Thohir bersama dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Koordinator Bidang Pengembangan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. Ketiganya menyecek pelabuhan Lampung dan Banten.

Dengan tingginya antusias masyarakat saat mudik, Erick ingin menyiapkan sarana maksimal menyambut arus balik.

"Sesuai arahan Presiden @jokowi untuk menambah dermaga, hari ini (4 Mei 2022) kami ke lokasi untuk memastikan Pelabuhan Panjang bisa menjadi alternatif menuju Pulau Jawa," katanya, mengutip unggahan Instagram @erickthohir, Kamis (5/5/2022).

Pasca pengecekan yang dilakukan di pelabuhan tersebut dan berbagai penunjangnya, Erick memastikan kesiapan fasilitas itu. Apalagi, pada puncak arus balik, sektor penyeberangan ini diprediksi mengalami penambahan beban.

"InsyaAllah fasilitas transportasi publik dan infrastruktur yang terus kami tingkatkan, semakin memudahkan masyarakat," kata dia.

Mengacu data Kementerian Perhubungan, puncak arus balik diprediksi terjadi pada 6-8 Mei 2022. Erick kembali meminta masyarakat pulang lebih awal atau setelah masa puncak arus balik 2022.

"Perkiraan @kemenhub151, puncak arus balik akan terjadi pada 6-8 Mei. Untuk menghindari kepadatan, masyarakat dengan kendaraan pribadi diimbau kembali lebih awal, atau setelah puncak arus balik," paparnya.

4 dari 5 halaman

Pertumbuhan Infrastruktur

Sebelumnya, Erick Thohir mengungkapkan dampak pembangunan infrastruktur oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Hal ini ia sampaikan dalam paparan dan peninjauan rencana persiapan arus balik mudik dari Sumatera di Pelabuhan Bakaheuni, Lampung, Rabu (4/5/2022).

Dalam kesempatan itu, Erick Thohir juga hadir bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

"Ada data-data yang menarik, yang mana terbukti pembangunan infrastruktur yang dibangun Bapak Presiden menghasilkan pertumbuhan yang luar biasa," ujar Erick, dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (4/5/2022).

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan (Kemenhub), ucap Erick, terjadi kenaikan signifikan dalam pergerakan angkutan lebaran pada tahun ini.

Erick menyebut jumlah truk logistik pada lebaran 2022 periode H-10 hingga H-1 mencapai 22.588 unit atau naik 116 persen dibandingkan periode yang sama pada 2019 yang sebesar 10.477 unit.

Pertumbuhan Ekonomi 

Ia menilai, lonjakan logistik menjadi penanda bahwa perekonomian Indonesia mulai bangkit pascapandemi covid-19.

"Ditambah lagi dengan kenaikan roda empat sampai 27 persen (dari 88.626 unit pada 2019 menjadi 112.139 unit pada 2022). Ini membuktikan ekonomi masyarakat meningkat," ungkap Erick.

Ia pun mendukung penuh rencana Kemenhub dan sesuai arahan Menko PMK terkait rencana pemetaan ulang operasional jalur Pelabuhan Merak-Bakauheni ke depan.

 

5 dari 5 halaman

Infografis Jadwal Ganjil Genap dan One Way Arus Balik Lebaran 2022