Sukses

Anak Sering Tantrum? Baca Doa Ini, Insya Allah Ampuh

Jangan panik! Begini doa dan cara menenangkan anak tantrum dalam Islam, insya Allah manjur.

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang harus dilakukan orangtua saat anak tantrum? Banyak kejadian saat anak tantrum justru dimarahi.

Sebenarnya saat ibu dan ayah mendapati anak sedang mengamuk, dengarkan apa yang membuat anak menjadi begitu, bukan malah membiarkan, meninggalkannya sendirian, bahkan memarahinya.

Tantrum adalah sebuah proses yang akan mendekatkan ayah dan ibu dengan sang buah hati. Mendengarkan isi hati sang anak akan membantu ibu dan ayah memberikan penjelasan terbaik bagaimana untuk menolak atau memberikan Si Kecil pilihan yang lebih baik dibandingkan dengan apa yang ia inginkan.

Ternyata dalam Islam, saat anak sedang tantrum semacam itu tidak perlu panik apalagi marah. Ada-doa dan kiat khusus yang binya menyelesaikannya. Doanya insya Allah manjur.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ini Doa Jika Anak Menangis Terus Menerus

Menukil Dalamislam.com, doa pertama yang dapat diamalkan adalah doa untuk meredakan bayi yang tantrum karena menangis terus menerus. Dikutip dari Al-Adzkar al-Muntakhabah min Kalaami Sayyid al-Abrar.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَآءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Bismillâhirrahmânirrahîm. Bismillâhilladzî lâ yadlurru ma’a ismihi syaiun fil ardli wa lâ fis samâ`i wa huwas sami’ul ‘alim.

Doa ini dibaca sebanyak 3 kali didepan si kecil Ketika anak menangis dan tantrum. Dengan doa ini, orang tua berharap agar kekesalan dan tangisan anak mereda.

Selain itu ada juga anak tantrum karena rasa kantuk yang menyerang, namun mereka cenderung dalam kondisi gelisah ataupun lapar. Jika semua alasan sudah ditangani namun anak masih menangis dan tantrum, ada doa yang dapat diamalkan dan digunakan oleh Rasulullah SAW

اللَّهُمَّ غَارَتِ النُّجُومُ وَهَدَأَتِ الْعُيُونُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّومٌ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ أَهْدِئْ لَيْلِيْ وَأَنِمْ عَيْنِي

Allâhumma ghâratin nujûm wa hada’atil ‘uyûn, wa anta hayyun qayyûmun, lâ ta’khudzuhû sinatun wa lâ naum. Yâ hayyu, ya qayyûm, ahdi’ laylî wa anim ‘aynî.

3 dari 3 halaman

Ajarkan Juga Sabar kepada Anak

Dengan mengamalkannya doa ini, diharapkan bayi dapat tenang dan meredakan tangisan hingga bisa tertidur dengan nyenyak. Khususnya untuk bayi yang masih dibawah 2 tahun, tidur yang nyenyak dapat membantu bayi untuk lebih sehat dan mendapatkan perkembangan tubuh yang baik.

Selain mengamalkan doa, orang tua juga bisa menggunakan beberapa cara mengatasi anak yang malas sholat yang memasuki fase tantrum. Diantaranya yaitu:

Pertama cara menenangkan anak tantrum dengan membiarkan anak mengekspresikan diri sehingga bisa meredakan perasaan kesal dan marah yang mereka miliki. Namun dengan sebuah syarat yang jelas.

Orang tua membiarkan anak tantrum dan wajib menjelaskan setelah anak tersebut marah dan tantrum. Apa alasan anak marah, bagaimana menangani rasa marah dan sikap tantrum hanya melelahkan tubuh dan tidak akan membantu anak mewujudkan keinginannya.

Keutamaan sabar dalam islam merupakan sifat umat muslim yang wajib kita amalkan. Jenis sabar yang harus dilakukan umat muslim yaitu mencoba tenang dalam menghadapi masalah merupakan salah satu cara mengendalikan rasa marah.

Ajarkan kepada si kecil perasaan sabar dan bagaimana mengelola emosi sejak kecil. Gunakan doa untuk memberikan kesabaran, sehingga mereka tahu cara menangani rasa marah dalam diri. Khususnya jika anak sudah bisa berbicara dan memahami doa misalnya diatas 3 tahun.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.