Sukses

10 Makanan Kaya Kandungan Air untuk Cegah Dehidrasi Saat Puasa di Bulan Ramadhan

Makanan kaya kandungan air untuk cegah dehidrasi saat puasa bisa menjadi tambahan asupan cairan saat puasa.

Liputan6.com, Jakarta Makanan kaya kandungan air untuk cegah dehidrasi saat puasa bisa kamu konsumsi saat sahur maupun berbuka. Makanan kaya kandungan air ini terdiri dari buah-buahan yang menyehatkan. Hal ini tentunya sangat baik dikonsumsi saat puasa. Pasalnya, saat berpuasa tubuh rentan terkena dehidrasi.

Apalagi, hal ini dapat diperparah dengan aktivitas sehari-hari seperti bekerja atau berada di kondisi cuaca panas. Rasa haus akan mudah terasa ketika berpuasa. Hidrasi yang tepat sangat penting untuk kesehatan.

Makanan kaya kandungan air untuk cegah dehidrasi saat puasa bisa menjadi tambahan asupan cairan saat puasa. Ada banyak buah sehat yang dapat memenuhi asupan air saat berbuka dan sahur.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (8/4/2022) tentang makanan kaya kandungan air.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanan Kaya Kandungan Air untuk Cegah Dehidrasi saat Puasa

Mentimun

Makanan kaya kandungan air untuk cegah dehidrasi saat puasa yang pertama yaitu mentimun. Mentimun hampir seluruhnya terdiri dari air dan juga menyediakan sejumlah kecil nutrisi, seperti vitamin K, potasium, dan magnesium. Dibandingkan dengan sayur dan buah kaya air lainnya, mentimun adalah salah satu yang terendah dalam jumlah kalori. Hanya ada 8 kalori dalam setengah cangkir (52 gram) sajian, dan kadar airnya membuat mentimun sangat menyegarkan untuk disantap saat berbuka.

Semangka

Semangka adalah salah satu buah paling menghidrasi tubuh yang bisa kamu makan saat berbuka puasa. Dalam 1 gelas (154 gram) mentimun mengandung lebih dari setengah gelas (118 ml) air. Selain itu ditemukan juga beberapa serat dan beberapa nutrisi penting, termasuk vitamin C, vitamin A, dan magnesium. Semangka juga cukup rendah kalori, karena hanya menyediakan 46 kalori per gelasnya.

Selain itu, semangka kaya akan antioksidan kuat, termasuk likopen. Senyawa ini telah dipelajari karena kemampuannya untuk mengurangi kerusakan oksidatif pada sel, yang telah dikaitkan dengan penyakit seperti penyakit jantung dan diabetes.

Susu

Makanan kaya kandungan air untuk cegah dehidrasi saat puasa adalah susu. Susu sapi, susu almond, dan susu dari bahan lain merupakan sumber cairan yang baik. Siapkan semangkuk sereal yang disiram dengan susu setelah berbuka. Susu dikenal bagus untuk menambah jumlah kalsium dalam tubuh. Selain itu, susu juga dapat menjaga tingkat hidrasi sepanjang hari. Ini juga merupakan minuman pascaolahraga yang bagus, karena membantu pemulihan setelah lelah berolahraga.

3 dari 4 halaman

Makanan Kaya Kandungan Air untuk Cegah Dehidrasi saat Puasa

Tomat

Tomat memiliki profil nutrisi yang mengesankan dan dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Satu tomat sedang saja menyediakan sekitar setengah cangkir (118 ml) air. Tomat juga menyediakan sejumlah besar vitamin dan mineral, termasuk vitamin A dan C yang meningkatkan kekebalan tubuh.

Jumlah air yang tinggi dalam tomat berkontribusi terhadap kandungan kalorinya yang rendah, dengan hanya 32 kalori dalam 1 cangkir (149 gram) sajian. Selain itu, tomat kaya akan serat dan beberapa antioksidan penangkal penyakit, termasuk likopen. Likopen telah diteliti potensinya untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan dapat membantu mencegah perkembangan kanker prostat.

Stroberi

Stroberi memiliki kandungan air yang tinggi, menjadikannya makanan yang sangat menghidrasi. Sekitar 91% dari berat stroberi berasal dari air, memakannya akan berkontribusi pada asupan air harian saat berpuasa. Selain itu, stroberi menyediakan banyak serat, antioksidan penangkal penyakit serta vitamin dan mineral, termasuk vitamin C, folat, dan mangan.

Mengonsumsi  makanan kaya kandungan air untuk cegah dehidrasi saat puasa ini secara teratur telah terbukti mengurangi peradangan, yang dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung, diabetes, Alzheimer dan berbagai jenis kanker.

Sup Bening

Makanan kaya kandungan air untuk cegah dehidrasi saat puasa berikutnya yaitu sup bening. Sup adalah salah satu makanan yang penting di setiap meja buka puasa. Jika dapat memilih, pilihlah sup bening daripada sup krim. Ini cara yang bagus untuk meningkatkan asupan air dan tingkat energi serta memenuhi kebutuhan tubuh.

4 dari 4 halaman

Makanan Kaya Kandungan Air untuk Cegah Dehidrasi saat Puasa

Blewah

Blewah adalah jenis melon yang sangat bergizi dan dapat meningkatkan kesehatan saat puasa dengan beberapa cara. Satu cangkir (177 gram) blewah terdiri dari sekitar 90% air dan memberikan lebih dari setengah cangkir (118 ml) air per sajiannya. Satu cangkir blewah juga mengandung 2 gram serat, yang bekerja bersama dengan air untuk meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan.

Hal ini mencegah kamu untuk makan berlebihan saat berpuasa namun dengan manfaat menghidrasi yang tinggi. Selain itu, blewah kaya akan vitamin A, buah ini menyediakan 120% dari kebutuhan harian dalam porsi 1 cangkir (177 gram). Studi telah menunjukkan bahwa vitamin A dapat meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh dengan melindungi terhadap infeksi.

Jeruk

Makanan kaya kandungan air untuk cegah dehidrasi saat puasa berikutnya yaitu jeruk. Ada hampir setengah cangkir (118 ml) air dalam satu jeruk, bersama dengan serat dan beberapa nutrisi. Ini termasuk vitamin C dan potasium, yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan dan kesehatan jantung. Jeruk juga kaya antioksidan penangkal penyakit, termasuk flavonoid, yang dapat mencegah kerusakan sel dengan mengurangi peradangan.

Air dan serat dalam jeruk dapat meningkatkan perasaan kenyang, yang membantu menjaga nafsu makan kamu terkendali saat berpuasa. Selain itu, makan buah jeruk secara teratur dapat melindungi dari batu ginjal. Ini karena asam sitrat yang dikandungnya dapat mengikat dengan kalsium oksalat pembentuk batu, membantu mengeluarkannya dari tubuh.

Air Kelapa

Air kelapa adalah minuman super sehat yang akan membuat kamu tetap terhidrasi selama berpuasa. Tidak hanya memiliki kadar air yang sangat tinggi, ia juga kaya akan elektrolit, termasuk kalium, natrium dan klorida. Penelitian telah menunjukkan bahwa air kelapa bermanfaat untuk rehidrasi. Dan itu dianggap bermanfaat untuk melakukan pemulihan usai dehidrasi akibat berpuasa karena kandungan elektrolitnya.Minum air kelapa setelah berbuka adalah pilihan yang jauh lebih sehat daripada minum minuman elektrolit lain, karena banyak minuman yang mengandung gula tambahan dan bahan-bahan tidak sehat lainnya.

Selada

Makanan kaya kandungan air untuk cegah dehidrasi saat puasa selanjutnya yaitu selada. Secara nutrisi tidak cukup efektif, selada jenis Iceberg mengandung 96 persen air. Selada ini bisa dimakan mentah atau dijadikan bahan tambahan untuk membuat salad. Jadi, jika kamu kurang suka sup, berbuka puasa dengan salad yang enak bisa menjadi pilihan. Tambahkan beberapa mentimun dan tomat untuk meningkatkan kadar airnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.