Sukses

Pesona 12 Ribu Cahaya di Masjidil Haram

Masjidil Haram memiliki 12 ribu lampu yang menerangi lokasi suci ini.

Liputan6.com, Mekkah - Para jemaah yang beribadah di Masjidil Haram (Grand Mosque) dapat merasakan pesona 12 ribu cahaya. Lampu-lampu itu menerangi pekarangan, atau, dan minaret masjid.

Menurut Saudi Gazette, Kamis (29/4/2021), pesona lampu di Masjidil Haram merupakan hasil produksi custom. Hal itu disebut sebagai tanda perhatian dari otoritas Dua Masjid Suci.

Pejabat operasional dan maintenance di Masjidil Haram, Amer bin Awad Al-Luqmani, menyebut bahwa unit pencahayaan di masjid itu terkoneksi dengan stasiun kontrol khusus.

Pencahayaan ini dilengkapi dengan 304 lampu chandelier dengan bermacam bentuk dan ukuran yang merupakan hasil dari program ekspansi. Ada lagi lebih dari 1.000 unit lampu yang terpasang di kolom dan tembok luar masjid.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menerangi Tulisan Allah

Beberapa unit pencahayaan di Masjidil Haram digunakan untuk menerangan tulisan Allah di pilar atas dari gerbang lengkung yang berada di dalam masjid.

Di bagian luar, ada unit pencahayaan di seluruh halaman, minaret Masjidil Haram, dan daerah sekitarnya.

Tiap unit cahaya itu memiliki daya 2000 watt dan diharapkan menambah keindahan lokasi.

Lampu-lampu itu diurus secara khusus oleh tim maintenance dan teknis. Tim itu mengecek setiap poin cahaya di dalam Masjidil Haram dan mengevaluasi efisiensinya.

3 dari 3 halaman

Infografis Puasa Saat COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.