Sukses

Quraish Shihab: Manusia dalam Arti Sebenarnya Adalah Keharmonisan Saat Bertemu Sesamanya

Quraish Shihab menyebut ada dua kelompok manusia yang bisa ditemui. Pertama, saudara seagama dan kedua adalah saudara sekemanusiaan.

Liputan6.com, Jakarta Apa pengertian manusia dalam arti sebenarnya? Menurut cendikiawan muslim Quraish Shihab, manusia adalah yang merasakan keharmonisan bila bertemu dengan sesamanya. 

Dia juga yang berusaha melupakan kesalahan orang lain, meski kesalahan itu tertuju kepada dirinya. 

Quraish Shihab menyebut ada dua kelompok manusia yang bisa ditemui. Pertama, saudara seagama dan kedua adalah saudara sekemanusiaan. 

"Persaudaran seagama tidak membatalkan persaudaraan sekemanusiaan. Karena itu, kendati ada perbedaan agama, ras atau budaya, namun semua bersaudara dan dapat bekerja sama," ungkap mantan Menteri Agama ini dalam renungannya. 

Quraish Shihab juga menjelaskan bahwa sebuah pengakuan mengantar seseorang pada penghormatan. Sedangkan penghormatan tidak selalu berarti bersetujuan, karena yang diakui adalah kehadiran pihak lain.

"Yang dihormati kehadiran pihak lain untuk hidup berdampingan dalam aneka perbedaan," ucap Quraish Shihab. 

Saksikan videonya di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.