Sukses

Cara Mudah Belajar Alquran dan Hadis lewat Aplikasi Amini

Liputan6.com, Jakarta Ramadan adalah bulan untuk berlomba-lomba untuk membuat amal saleh dan perbuatan sunah lainnya. Pembatasan sosial selama pandemi membuat ibadah selama bulan Ramadan tahun ini jadi berbeda karena semua harus dilakukan di dalam rumah. Mengaji yang biasanya dilakukan bersama-sama di masjid kini dilakukan secara virtual dengan bantuan teknologi.

Seperti dikutip dari Antara, salah satu aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk beribadah adalah Aminin yang dapat diunduh dan digunakan gratis selama Ramadan.

Aminin adalah aplikasi digital pertama pembelajaran Al-Quran dan hadis yang interaktif. Aplikasi karya anak bangsa ini meliputi fitur Al-Quran digital dengan standar mushaf pojok, media pembelajaran LatihQur’an, dan diskusi interaktif bersama ustaz secara langsung.

“Semua fitur Aminin dapat menjadi rujukan bagi umat Islam untuk memperdalam agama Islam di mana pun dan kapan pun, terlebih di bulan Ramadan,” kata Herujito, CEO Aminin, dalam keterangan resmi, Jumat.

Konten dari Aminin dikurasi, disupervisi dan diverifikasi langsung oleh para ulama dan profesional dalam bidang Al Qur’an yang bergabung di dalam Jam’iyyatul Qurra’ wal- Huffazh (JQH).

Selain itu, pemateri yang dihadirkan sebagai narasumber adalah ustaz dan ustazah yang sudah berpengalaman. Aminin diklaim sebagai aplikasi pertama belajar mengaji secara online dan interaktif berbasis Android serta iOS yang memudahkan penggunanya untuk belajar membaca dan memahami Al Qur’an serta pengetahuan agama.

"Semoga aplikasi ini dapat mendorong peningkatan ibadah, pengamalan nilai-nilai agama, serta kecintaan kepada bangsa dan negara," tutup Herujito.