Sukses

6 Cara Menjaga Kesehatan Saat Mudik Agar Lebaran Lancar

Kamu wajib mengetahui cara menjaga kesehatan saat mudik agar bisa menjalankan Lebaran dengan lancar.

Liputan6.com, Jakarta Cara menjaga kesehatan saat mudik tentunya tidak susah. Asalkan kamu mempersiapkannya dengan baik dan menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, maka perjalanan mudik yang kamu lakukan akan berjalan lancar.

Baik mudik lewat jalur darat, laut maupun udara akan lancar bila kamu mempersiapkannya dengan matang. Jangan sampai kamu tidak melakukan segala persiapan untuk mudik, dan malah sakit saat sampai di kampung halaman.

Tentunya kamu tidak ingin menjalani liburan di rumah dengan menderita sakit. Rencana untuk bersilaturrahmi mengunjungi keluarga tentunya akan terganggu dan membuat mudik sia-sia. Oleh karena itu, kamu wajib mengetahui cara menjaga kesehatan saat mudik agar bisa menjalankan lebaran dengan lancar.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang cara menjaga kesehatan saat mudik dari berbagai sumber, Jumat (17/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Saat Mudik

1. Istirahat yang Cukup

Cara menjaga kesehatan saat mudik yang pertama adalah istirahat yang cukup. Istirahat mungkin merupakan satu hal yang paling penting untuk diperhatikan selama mudik lebaran. Sebelum mudik, kamu harus disiplin dalam beristirahat, yaitu selama 7-8 jam di malam hari.

Hindarilah kegiatan yang mengharuskan kamu untuk begadang, apalagi bila kamu akan mengemudi. Dengan begitu tubuh kamu akan lebih siap untuk menjalani mudik di esok harinya. Saat di perjalanan, jangan memaksakan diri. Bila kamu mengantuk dan merasa lelah berhentilah sejenak untuk bersitirahat.

2. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Asupan gizi yang seimbang harus sangat diperhatikan untuk menjaga kesehatan, terutama saat menjalani mudik. Kamu harus mengonsumsi makanan makanan yang sehat dan bergizi menjelang berangkat mudik.

Usahakan untuk menghindari junk food, makanan instan, atau snack yang mengandung banyak msg. Berbagai kebutuhan tubuh seperti karbohidrat, protein, sumber lemak baik atau lemak tak jenuh, serta serat harus senantiasa terpenuhi. Baik sebelum mudik maupun selama perjalanan mudik.

Jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum banyak air putih. Tubuh kamu harus selalu terhidrasi agar tidak merasa lemas saat perjalanan mudik. Hal ini sangat penting sebagai salah satu cara menjaga kesehatan saat mudik.

Membawa bekal mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga kesehatan kamu. Hal ini karena dengan membawa bekal, kamu bisa mengatur sendiri makanan yang akan kamu konsumsi.

Dengan begitu kamu bisa memastikan makanan yang kamu konsumsi saat mudik adalah makanan yang sehat. Karena jajan sembarangan di jalan bisa saja membuat kamu mengalami berbagai penyakit. Untuk itulah kamu perlu mengantisipasinya dengan salah satu cara menjaga kesehatan saat mudik ini.

3 dari 4 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Saat Mudik

3. Berolahraga

Sebelum berangkat mudik kamu harus memastikan badan fit untuk menjalani mudik yang tentunya membutuhkan banyak tenaga. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging yang mengeluarkan keringat, sebagai salah satu cara menjaga kesehatan saat mudik.

Hal ini juga bermanfaat untuk menjaga tubuhmu dari serangan penyakit. Di perjalanan mudik, kamu juga bisa melakukan aktivitas aktivitas fisik ringan seperti berjalan di sekitar rest area atau melakukan berbagai peregangan ringan.

4. Membawa Keperluan Obat-Obatan

Obat-obatan menjadi hal yang sangat penting dibawa saat mudik. Tentu saja cara menjaga kesehatan saat mudik yang paling jelas adalah dengan membawa obat-obatan ini.

Kamu perlu membawa obat-obatan umum, seperti obat sakit kepala, flu, diare, demam dan lain lain serta obat-obatan khusus seperti obat maag. Selain itu, kamu juga perlu membawa peralatan P3K dalam perjalanan mudik.

Buat kamu yang memiliki riwayat penyakit tertentu, bawalah obat dari penyakit tersebut untuk berjaga-jaga. Penyakit penyakit seoerti diabetes dan darah tinggi perlu penanganan dari obat untuk meredakannya.

4 dari 4 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Saat Mudik

5. Mengonsumsi Suplemen

Cara menjaga kesehatan saat mudik selanjutnya adalah mengonsumsi suplemen. Hal ini diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh kamu selama perjalanan mudik. Suplemen dan vitamin khusus akan sangat berguna untuk memenhui kebutuhan nutrisi yang tentunya tak cukup hanya dari makanan saja.

Mengonsumsi vitamin C secara rutin sebelum berangkat mudik dapat meningkatkan daya than tubuh serta mengatasi masalah pada saluran pernapasan seperti radang tenggorokan.

6. Gunakan Masker Kesehatan

Menggunakan masker kesehatan menjadi salah satu cara menjaga kesehatan saat mudik yang cukup penting. Tidak hanya bagi pengendara motor, namun juga bagi siapapun yang menjalani mudik.

Hal ini disebabkan karena banyaknya polusi yang bertebaran di udara saat mudik, membuat bakteri dan virus bertebaran dan bisa terhirup oleh kamu. Akibatnya kamu bisa saja tertular penyakit karena bakteri dan virus yang tersebar di udara bebas tersebut. Dengan menggunakan masker kesehatan, kamu bisa terhindar dari menghirup udara udara kotor yang menjadi penyebab penyakit.

Jadi, persiapkan dirimu sebelum melakukan kegiatan mudik. Lakukanlah cara menjaga kesehatan saat mudik tersebut dan kamu bisa menjalani lebaran bersama keluarga dengan lancar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.