Sukses

6 Amalan Ramadhan yang Mudah Dikerjakan Agar Mendapatkan Manfaat yang Besar

Liputan6.com, Jakarta - Amalan Ramadan yang terpenting untuk dijalankan adalah berpuasa dan melakukan zakat fitrah. Allah SWT akan memberi ampunan bagi ummat-Nya yang menunaikan ibadah tersebut dengan ikhlas. Selain itu, Ramadan juga dikenal sebagi bulan yang penuh dengan kebaikan. Setiap amal kebaikan yang dilakukan akan dilipatgandakan. Juga dengan setiap dosa akan diampuni jika bersungguh-sungguh bertaubat. 

Oleh karena itu, Kamu jangan sampai melewatkan bulan yang mulia ini. Bulan yang penuh dengan ampunan dan kesempatan terbaik untuk bertaubat. Jangan sampai kamu hanya mendapatkan lapar dan haus. Untuk itu, kamu bisa melakukan atau menunaikan ibadah puasa Ramadhan serta melakukan amalan Ramadhan yang disunnahkan.

Amalan Ramadhan ini menjadi pelengkap atau penyempurna ibadah wajib kamu selama di bulan Ramadhan. Berikut amalan yang bisa kamu lakukan selama menjalankan ibadah Ramadhan tahun ini. Telah Liputan6.com, Kamis (2/5/2019) rangkum dari berbagai sumber, ini amalan-amalannya.

2 dari 5 halaman

Amalan Ramadhan yang Mudah Dikerjakan

Berpuasa

Amalan Ramadhan yang terpenting adalah dengan melakukan puasa. Sebagaimana yang telah dijelaskan dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa berpuasa Ramadhan imanan wa ihtisaban (dengan keimanan dan mengharap pahala), diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”. (HR. Bukhari No. 1802 dan Muslim No. 760).

Maka tidak diragukan lagi, pahala yang besar ini tidak diberikan kepada orang yang sebatas meninggalkan makan dan minum. Hal ini juga sesuai dengan sabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, “Barang siapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta dan perbuatannya, maka Allah tidak butuh dengan ia meninggalkan makan dan minumnya”. (HR. Al-Bukhari dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu) ini merupakan kiasan bahwa Allah tidak menerima puasa tersebut.

Tadarus dan Mengkhatamkan Al-Qur’an

Amalan Ramadhan yang bisa kamu lakukan juga adalah dengan membaca dan menyelesaikan Al-Qur’an. Ya, karena di momen Ramadhan ini bisa kamu jadikan untuk merutinkan serta melebihkan dalam membaca Al-Qur’an. Terutama bagi kamu yang jarang membaca Al-Qur’an di bulan lainnya.

Membaca Al-Qur’an, memiliki banyak sekali kebaikan, terlebih Allah SWT akan melipatgandakan pahala pada setiap amalan yang dilakukan oleh ummat Islam di bulan suci Ramadhan ini. Selain itu, usahakan juga untuk bisa khatam. Tidak hanya mengejar khatam Al-Qur’an, namun perlu juga diperhatikan untuk membacanya dengan baik dan benar.

Kalaupun kamu tidak bisa khatam Al-Qur’an selama sebulan penuh Ramadhan, ttidak mengapa. Karena tingkat kelancaran orang dalam membaca Al-Qur’an berbeda-beda. Sebaiknya, menyesuaikan keadaan saja. Meskipun sedikit, namun membacanya dengan baik dan benar dan terburu-buru dan dilakukan dengan istiqomah.

3 dari 5 halaman

Amalan Ramadhan dengan sedekah

Memperbanyak Sedekah

Salah satu amalan Ramadhan yang bisa kamu lakukan untuk meraih keuntungan besar adalah dengan bersedekah. Rasulullah SAW merupakan orang yang paling dermawan di antara manusia lainnya, dan beliau semakin dermawan saat berada di bulan Ramadhan (HR. Al-Bukhari No. 4711 dan Muslim No. 2307).

Oleh karena itu, sudah semestinya kita sebagai ummat Muslim untuk mencontoh beliau di bulan yang penuh barakah ini dengan perbanyak sedekah, baik untuk kepentingan fi sabilillah maupun kaum dhu’afa dan fakir miskin. Nah, salah satu bentuk sedekah yang dianjurkan selama Ramadhan ini adalah dengan memberikan ifthar (hidangan berbuka puasa) kepada orang-orang yang berpuasa.

Dari Zaid bin Khalid al-Juhani, bahwasanya Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa yang memberi ifthar kepada orang-orang yang berpuasa, maka ia mendapat pahala senilai pahala orang yang berpuasa itu. Tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut”. (HR. Ahmad, Turmudzi dan Ibnu Majah).

4 dari 5 halaman

Amalan Ramadhan dengan sholat tarawih

Shalat Tarawih

Ibadah sunnah yang khas di bulan Ramadhan adalah shalat tarawih. Shalat tarawih merupakan ibadah yang dilakukan oleh Nabi SAW di malam bulan Ramadhan. Shalat ini bisa dilakukan di rumah sekalipun. Terdapat beberapa praktik tentang jumlah raka’at dan jumlah salam pada shalat tarawih ini.

Pada masa Nabi Muhammad, shalat tarawih hanya dilakukan tiga atau empat kali saja, tanpa ada satupun keterangan yang menyebutkan jumlah raka’atnya. Mungkin kamu juga banyak mendengar perbedaan tentang shalat tarawih ini, namun agar tetap menjalankan amalan ini kamu bisa mengikuti ulama yang sudah memilih mazhab yang sesuai.

I’tikaf

Salah satu amalan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW di bulan Ramadhan adalah dengan mendekatkan diri kepada Allah. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan I’tikaf di masjid. Pada sebuah hadits disebutkan bahwa, “Dari Ibnu Umar RA (diriwayatkan bahwa) ia berkata: Rasulullah SAW selalu beri’tikaf pada sepuluh hari yang penghabisan di bulan Ramadhan”. (HR. Al-Bukhari No. 2025 dan Muslim No. 2838).

Menurut para ulama, hukum I’tikaf ini adalah sunnah, tidak wajib. Kecuali jika kamu telah bernazar untuk beri’tikaf karena sesuatu hal. Waktu untuk beri’tikaf adalah di akhir bulan Ramadhan atau 10 hari terakhir, sebagaimana hadits yang disampaikan ‘Aisyah ra, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf pada sepuluh hari yang akhir dari Ramadhan hingga wafatnya kemudian isteri-isteri beliau pun beri’tikaf setelah kepergian beliau”. (HR. Al-Bukhari No. 2016 dan Muslim No. 1172).

5 dari 5 halaman

Amalan Ramadhan dengan memperbanyak dzikir

Sesungguhnya malam dan siang Ramadhan adalah waktu-waktu yang mulia dan utama, oleh karena itu sebaiknya digunakan untuk memperbanyak dzikir dan doa. Khsusunya pada waktu-waktu yang istijabah, diantaranya saat berpusa hingga berbuka, saat malam terutama pada sepertiga malam terakhir, dan saat sahur.

Loading
Artikel Selanjutnya
Makna Ramadan bagi Peggy Melati Sukma
Artikel Selanjutnya
Sontek Gaya Ramadan 5 Influencer Favorit Pakai Koleksi Zaloramadhan