Sukses

Semarak Ramadan Ala Remaja Islam Sunda Kelapa

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari lagi, Ramadan akan kembali hadir menyapa kaum muslimin. Bulan penuh ganjaran ini akan sangat sayang berlalu begitu saja tanpa diisi amaliah ibadah maupun kegiatan positif lainnya.

Dalam menyemarakkan bulan suci ini, Remaja Islam Masjid Sunda Kelapa (RISKA) Menteng, Jakarta Pusat memiliki ragam acara. Kegiatan itu terbingkai dalam acara Ramadan Bersama RISKA (RBR).

"Dari RISKA, kita namanya RBR (Ramadan Bersama RISKA). Akan ada dua event dalam RBR," kata Ketua RBR, Muchammad Iqmal Sungkar kepada Liputan6.com yang ditulis, Kamis (2/5/2019).

Dia menjelaskan kegiatan pertama adalah Tarhib Ramadan yang digelar pada Minggu 28 April 2019. Di sesi ini, beragam acara akan ditampilkan.

"Tarhib Ramadan yaitu acara menyambut bulan Ramadan. Ada acara fun walk, tausiyah, life performance, dan lainnya," ujar dia.

Acara yang berlangsung mulai pukul 06.00 WIB itu digelar di Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK) Jakarta Pusat. Selama sehari penuh, ragam acara terus tersajikan.

"Start dari jam 6 pagi sampai jam 10 malam. Jadi rangakaiannya terus berjalan," ujar dia.

Selain agenda itu, Ramadan Bersama RISKA juga akan menggelar kegiatan lainnya pada 26 Mei 2019. Event kedua tersebut adalah bedah Pesantren Ibtidaul Hasan di Tangerang Selatan.

Iqmal menuturkan, tempat ini dipilih lantaran kondisinya tidak layak. Yang mana tempat menginap para santri masih terbuat dari bilik.

"Lumayan memprihatinkan," ujar dia.

 

2 dari 2 halaman

Konseling Santri

Dalam kegiatan itu, akan diselingi denga acara konseling santri, kewirausahaan, games, takjil.

Saat ini, donasi yang terkumpul berjumlah Rp 23.631.111 dari total dana yang dibutuhkan sebesar Rp 443.630.000. Untuk itu, bagi para dermawan yang ingin menyalurkan donasinya, dapat berpartisipasi melalui www.kitabisa.com/pesantrenlayak.

Ia berharap, dua even besar ini akan memberikan pengaruh baik kepada anak bangsa, terutama para remaja agar merajut kembali persaudaraan yang sempat terganggu akibat pesta demokrasi. Atas tujuan ini pula, kegiatan RBR ini mengangkat tema ukhuwah atau persaudaraan.

"Kita angkat tema ini mudah-mudahan di acara ini kita bisa merangkul lagi saudara kita yang terpecah. Sebentar lagi puasa. Udah kita sambut ramadan bareng-bareng, kita jalan bareng lagi di bulan Ramadan," ucap Iqmal.

Loading
Artikel Selanjutnya
Usai Ramadan dan Lebaran, Berat Badan Orang Indonesia Meningkat
Artikel Selanjutnya
Kabar Ronaldo Beri Donasi untuk Palestina Saat Ramadan Ternyata Hoaks