Sukses

Sandiaga Uno: Semangat Kewirausahaan Cetak Bung Karno Zaman Now

Sandiaga Uno sedang gencar membahas soal wirausaha di setiap kesempatan berkampanye.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden nomor 02 Sandiaga Uno terus menyuarakan semangat berwirausaha. Bahkan dia menyebut, napas wirausaha sebagai cikal pencetak Bung Karno era modern.

"Dengan semangat kemerdekaan entreprenurship saya yakin generasi bangsa akan menjadi Bung Karno Bung Karno zaman now," kata Sandiaga di Wisuda Universitas Bung Karno (UBK), Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (22/11/2018).

Mantan Wakil Gubernur DKI ini memaparkan, jumlah wirausaha di Indonesia masih tertinggal jauh oleh negara tetangga, seperti Thailand dan Malaysia. Karenanya, dia ingin lulusan perguruan tinggi bisa menggenjot angka wirausaha jelang bonus demografi Indonesia tahun 2030.

"Bila kita bandingkan masih sangat rendah di tingkat negara Asean, kita ada di 3,1 persen dari populasi kita, masih kalah dibanding Thailand, dibandingkan dengan Malaysia yang angkanya sudah di atas 5 persen," kata Sandiaga.

Sandi berkeyakinan, dengan semangat yang besar lulusan sarjana nantinya tidak hanya bisa mencari kerja, tetapi juga menciptakan lapangan kerja.

"Saya yakin bahwa dengan semangat besar, keluar dari ruangan ini setelah diwisuda, kalian bukan hanya menjadi pencari lapangan kerja, tapi menciptakan lapangan pekerjaan," Sandi memungkasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

50 Unicorn

Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02, Sandiaga Uno mengatakan Indonesia bisa saja memiliki 50 unicorn dalam kurun waktu lima tahun ke depan. Unicorn adalah perusahaan start up yang telah memiliki valuasi di atas USD 1 miliar atau setara dengan Rp 13,5 triliun.

Adapun saat ini Indonesia baru memiliki empat unicorn, yaitu Go-Jek, Bukalapak, Tokopedia, dan Traveloka. Sandiaga optimistis startup lain yang saat ini menjamur di Indonesia mampu menjelma menjadi unicorn dalam waktu lima tahun ke depan.

“Sangat memungkinkan bisa hasilkan 10 unicorn dalam 3 tahun ke depan, dari 4 yang sudah ada saat ini dan jadi 50 unicorn dalam 5 tahun ke depan,” kata Sandiaga dalam acara Indonesian Economic Forum bertajuk "Connecting Indonesia: A New Five Year Agenda” di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (21/11/2018).

Saksikan vide pilihan di bawah ini 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.