Sukses

Quick Count SMRC: Lathifah Shohib-Didik Budi Muljono Unggul Pilkada Malang 44,09 Persen

SMRC merilis hasil hitung cepat atau quick count Pilkada Serentak 2020 Kabupaten Malang.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil hitung cepat atau quick count Pilkada Serentak 2020 Kabupaten Malang. Pasangan Lathifah Shohib-Didik Budi Muljono unggul dengan 44.09 persen suara.

Berdasarkan data yang diterima Liputan6.com, Rabu (9/12/2020), dari 100 persen data quick count yang berasal dari 200 Tempat Pemungutan Suara Pilkada Malang, pasangan Sanusi-Didik Gatot Subroto berada di posisi selanjutnya yakni memperoleh 43.75 persen suara dan pasangan Heri Cahyono-Gunadi Handoko memperoleh 12.16 persen suara.

Adapun rata-rata margin of error quick count untuk dua calon dengan suara terbesar diperkirakan kurang lebih 2,23 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Dari situ, artinya diperlukan selisih suara lebih dari 4,46 persen atau dua kali margin of error untuk dapat menyimpulkan pemenang Pilkada Kabupaten Malang berdasarkan hasil quick count.

Sementara itu, selisih suara dua calon dengan suara terbesar yaitu pasangan Sanusi-Didik Gatot Subroto dan Lathifah Shohib-Didik Budi Muljono hanya 0,34 persen, yang berarti tidak signifikan secara statistik.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Simpulkan Kemenangan

Dengan demikian, quick count tidak dapat menyimpulkan calon yang akan menang dalam Pilkada di Kabupaten Malang.

Rekam hasil quick count sendiri mengambil populasi dari seluruh pemilih yang datang ke TPS dan memilih secara sah yang tersebar di seluruh TPS. Sampel dipilih dengan metode Stratified-Cluster Random Sampling.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.