Sukses

Ridwan Kamil: Isu Pilpres Pengaruhi Suara Saya di Pilkada Jabar

Meski isu soal Pilpres 2019 sempat mempengaruhi pasangan Rindu, tak banyak dari sisi jumlah suara.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat terpilih versi hitung cepat Ridwan Kamil menyambangi kediaman Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Oesman Sapta Odang (OSO). Kedatangannya untuk bersilaturahmi dan juga melaporkan hasil Pilkada Jabar 2018.

"Kemudian saya laporkan juga terkait isu-isu pilpres mempengaruhi, suka tidak suka isu pilpres dibawa ke pilkada, khususnya di Jabar yang mempunyai pengaruh suara saya turun," kata Ridwan Kamil di rumah OSO, Karang Asem, Kasablanca, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (4/7/2018).

Kendati demikian, dirinya masih tetap unggul dari pasangan lainnya berkat loyalitas para pemilih dan pendukung Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu).

"Kemudian saya mengucapkan terima kasih, khusunya kepada Pak OSO yang membantu secara organisasi maupun pribadi luar biasa, jadi saya doakan Hanura sukses di pemilu tahun depan dan tentunya Jabar pasti kita bantu," ujar dia.

Dirinya pun menyebut, meski isu soal Pilpres 2019 sempat mempengaruhi pasangan Rindu, tapi tak banyak dari sisi jumlah suara. "Saya kan kekuatan 36-38. Saya tergerus sekitar mungkin 4 persen. Tapi yang paling tergerus suara Dedy Mizwar yah," sebut pria yang karib disapa Kang Emil ini.

Selain itu, untuk melakukan pengawalan rekapitulasi suara sendiri dia mengaku telah menempatkan saksi-saksi dengan jumlah ganda atau double. Hal itu agar tak ada kecurangan terhadap suara untuk dirinya.

"Semua saksi kita double-double ya memastikan tidak ada penggelembungan suara. Di daerah-daerah dan terbukti quick count konsultan dengan pergitungan cepat versi KPU dan manual juga enggak banyak perubahan," tandas Ridwan Kamil.

 

Reporter: Nur Habibie

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.