Sukses

Puti Ingin Wisata di Jawa Timur Bisa Seperti Eropa

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno menginginkan wisata di Jawa Timur bisa seperti di Eropa. Maksudnya, menjadikan lokasi wisata-wisata di area daerah-daerah mengembangkan kearifan budaya lokal.

"Saya ingin model wisata yang ada di Jawa Timur bisa seperti Eropa," kata Puti Guntur Soekarno, Calon Wakil Gubernur ini, Sabtu (2/6/2018).

Puti mencontohkan, di Mojokerto, ketika ada wisatawan yang datang mereka sudah disambut dengan pakai khas Majapahit. Dengan begitu, wisatawan akan menjadi tertarik dan cara-cara seperti itu menambah ketertarikan. Karena, banyak orang sudah lupa bagaimana pakai orang-orang Majapahit dulu.

"Jadi penyambutan wisatawan dilakukan dengan memakai kostum masa itu (Majapahit). Mereka akan sangat tertarik," terang Puti.

Pengembangan wisata kuliner, ujar dia, juga harus dilakukan karena dengan bisnis kuliner maka ekonomi masyarakat sekitar akan tumbuh dengan pesat. Begitu juga dengan bisnis batik khas di daerah tersebut, supaya ekonomi kerakyatan di masyarakat bisa berputar dengan cepat.

Namun demikian, kata Puti, hal tersebut tidak bisa serta merta dilakukan. Harus ada riset untuk menentukan apakah layak sistem seperti itu.

Kalau memang layak, bentuknya seperti apa. Jika dilakukan penelitian dan dilakukan secara ilimah, maka pembangunan ekonomi kerakyatan akan terjadi dengan sendirinya.

"Nanti dibikin riset supaya penerapan sistem sesuai dengan apa yang kita harapkan," kata Puti.

 

2 dari 2 halaman

Pelatihan

Selain itu, lanjut Cucu Soekarno, dirinya akan melakukan koordinasi dengan kabupaten/kota untuk menjadikan wilayah wisata kerajaan sebagai bentuk pengingat masa lalu. Pelatihan-pelatihan juga harus dilakukan supaya pelaku mampu menguasai cerita dan mengaplikasikan kelebihan-kelebihan yang ada di daerah tersebut.

Dengan begitu, semua potensi daerah akan terangkat dan bisa menjadi ikon masing-masing daerah wisata.

"Pelatihan kepada warga yang ingin mengikuti pengembangan wisata harus dilakukan secara berkala, jangan sampai berhenti begitu saja," tegas Keponakan Megawati Soekarnoputri ini.

 

Reporter : Arif Ardlyanto

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: