Sukses

Gus Ipul: PKB dan PDIP Gelar Rapat Tertutup di Jatim

Partai pengusung pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno menggelar pertemuan tertutup di Surabaya.

Liputan6.com, Surabaya - Partai pengusung pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno (Gus Ipul-Puti) dikabarkan menggelar pertemuan tertutup di Surabaya. Pertemuan ini dilakukan usai debat publik kedua Pilkada Jatim 2018.

Pertemuan yang informasinya digelar Rabu 9 Mei 2018 lalu, dihadiri langsung oleh Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto.

Rapat yang juga dihadiri Gus Ipul tersebut, guna mengevaluasi mesin politik seluruh partai pengusung di sisa waktu yang tinggal 47 hari lagi.

Karena rapat yang digelar hingga sore itu penting, beberapa rekan dari kabupaten/kota di seluruh Jawa Timur juga turut diundang.

Adanya rapat tertutup ini juga dibenarkan Gus Ipul. Dia mengatakan, itu merupakan rapat koordinasi antarparpol pengusung.

"Untuk saling cocok-cocokan, karena tidak hanya bicara Pilgub saja. Tapi juga Pilkada serentak secara umum," ujar Gus Ipul.

Sebab, lanjut dia, di tahun 2018 ini ada 18 daerah di Jawa Timur yang menggelar Pilkada Serentak.

Sehingga, kata Gus Ipul, ada kendala yang perlu segera dicarikan solusinya. Kendala yang paling mencolok adalah masalah dukungan partai dan nomor urut di Pilgub dan Pilbup/Pilwali.

"Ada yang partainya sama nomornya tidak sama. Itu masalah yang disikapi secara dewasa. Harus ada tindakan yang terpisah dari konsolidasi ini," kata Gus Ipul.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisa Pecah Konsentrasi

Menurut Gus Ipul, jika masalah ini tidak segera disikapi, mungkin saja terjadi pecah konsentrasi antara Pilgub dengan Pilbup/Pilwali.

Maka, kata dia, selain koordinasi, rapat tertutup ini juga dimaksudkan untuk melakukan konsolidasi sekaligus evaluasi mesin politik.

"Karena kan ini sebagian konsentrasi terbelah. Ada yang kabupaten/kota, ada yang Pilgub. Makanya dicari formula, tiap daerah berbeda-beda tantangannya. Syukur ada situasi yang bagus, konsolidasi kita efektif," ucapnya.

"Intinya PKB dan PDIP berkomitmen untuk berjuang sekuat tenaga bersama Gerindra dan PKS. Agar Pilgub bisa maksimal semua," sambung Gus Ipul.

Selain PKB dan PDIP, menurut Gus Ipul, dua partai pengusung lainnya yaitu Gerindra dan PKS hingga saat ini sudah sama-sama bergerak untuk menggerakkan mesin politiknya masing-masing.

"Seperti Partai Gerindra misalnya, pekan lalu Ketua Umum Prabowo Subianto sudah turun ke Jawa Timur dan menegaskan bahwa partainya siap memenangkan pasangan Gus Ipul-Puti. Begitu juga PKS sudah bergerak. Semua partai sudah bergerak," tegas Gus Ipul.

 

Reporter : Moch. Andriansyah

Sumber  : Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.