Sukses

Kisah Anies Baswedan dan Istri Jenderal Sudirman

Anies mengaku banyak belajar dari kehidupan Jenderal Sudirman.

Liputan6.com, Yogjakarta - Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pulang kampung ke Yogyakarta sehari jelang masa kampanye pilkada.

Selain minta doa restu ibunda, Aliyah Rasyid Baswedan, cagub nomor urut 3 itu berziarah ke makam ayahnya, Rasyid Baswedan, di kompleks makam keluarga besar Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

Tak hanya itu, Anies juga berziarah ke makam Jenderal Sudirman di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara.

Anies mengaku kerap berziarah ke makam Jenderal Sudirman saat masih sekolah. Di situ Anies berdoa dan menabur bunga.

"Bu Dirman (Siti Alfiah, isteri Jenderal Sudirman) adalah teman nenek saya, usianya nyaris sepantaran," ujar Anies usai ziarah, Kamis (27/10/2016).

Secara pribadi, sewaktu masih bersekolah, Anies mengaku kerap bertemu dengan istri Jenderal Sudirman karena diajak neneknya.

Tidak hanya itu, neneknya dan Siti Alfiah memiliki kesamaan, yakni sama-sama istri pejuang. Bedanya, Sudirman wafat lebih dulu dalam usia yang terbilang muda.

Anies mengaku banyak belajar dari kehidupan Jenderal Sudirman. Dia bertekad mengedepankan kesantunan dalam bersaing di Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Mengajak warga Ibu Kota untuk bersama-sama membangun Jakarta ke depan. Menerima siapa pun dengan tangan terbuka, bukan dengan kepalan tangan," kata Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini