Sukses

10.696 Surat Suara Rusak di Kabupaten OKU

Kerusakan surat suara tersebut bervariasi mulai dari gambar kabur, ukuran cetakan tidak simetris dan kerusakan lainnya.

Liputan6.com, Ogan Komering Ulu - Sebanyak 10.696 lembar surat suara untuk Pemilu Serentak 2019 ditemukan rusak di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan.

"Berdasarkan hasil pelipatan dan penyortiran ditemukan sebanyak 10.696 surat suara untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten mengalami kerusakan," kata Ketua KPU OKU, Naning Wijaya seperti dilansir Antara, Rabu 3 April 2019. 

Naning mengungkapkan, 10.696 surat suara yang rusak terdiri atas 831 surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, 3.830 DPD RI, 1.745 DPR RI, serta 1.541 surat suara DPRD Provinsi.

"Untuk surat suara DPRD Kabupaten OKU juga ada yang mengalami kerusakan meliputi Dapil I sebanyak 422 lembar, Dapil II 499 dan Dapil III 760 lembar. Yang paling banyak rusak terdapat di Dapil IV yaitu 1.828 surat suara," ungkapnya.

Dia menjelaskan, kerusakan surat suara tersebut bervariasi mulai dari gambar kabur, ukuran cetakan tidak simetris dan kerusakan lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minta Segera Diganti

Ia pun berharap KPU RI bisa mengirim surat suara baru untuk menggantikan yang sudah rusak.

"Kami sudah mengirim berita acara ke KPU RI untuk mengganti surat suara yang rusak tersebut," jelasnya.

Menurut dia, surat suara yang rusak tersebut diprediksi akan diperbaiki dan dikirim secepatnya oleh percetakan ke KPU OKU sebelum proses pemilihan umum dilaksanakan.

"Sebelum 17 April mendatang seluruh kekurangan surat suara sudah sampai di Kabupaten OKU," ujarnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.