Sukses

Demokrat Enggan Usung Anies Baswedan, Tapi Lirik Ridwan Kamil Maju Pilkada DKI Jakarta

Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan partainya tak akan mendukung Anies Baswedan dalam Pilkada DKI Jakarta 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrat mengungkapkan, saat ini tengah menggodog nama-nama yang akan diajukan di Pilkada DKI Jakarta 2024. 

Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menyebut nama-nama internal Partai Demokrat yang berpotensi diajukan di Pilkada DKI Jakarta diantaranya mantan Bupati Lebak Iti Jayabaya, mantan Bulati Karawang Cellica Nurrachadiana, hingga Anggota DPRD Provinsi Jakarta Ali Suharli.

Sementara, untuk tokoh eksternal Partai Demokrat mendorong politikus Partai Gerindra Budi Djiwandono serta Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil.

"Kalau eksternal, kami lihat Budi Djiwandono dari Gerindra. Anggota DPR RI dari Kaltim. Sukses pimpin Tim Bravo TKN pas Pilpres 2024 lalu," ujar Herzaki di Jakarta, Jumat, (24/5/2024).

Selain dari internal Partai Demokrat, kata Herzaki, pihaknya juga melirik Ridwan Kamil dan Sudirman Said. 

"Kita juga mencermati Ridwan Kamil, Golkar. Kuat ini Jakarta kalau beliau mau maju di sini. Lalu, ada Pak Sudirman Said. Beliau ini sangat kompeten. Leadership, manajerial, kompetensi teknisnya," tambah Herzaky.

Sementara, Herzaky menegaskan, partainya tak akan mendukung Anies Baswedan dalam Pilkada DKI Jakarta 2024.

Diketahui, Anies mengaku tengah mempertimbangkan dirinya untuk kembali maju di pemilihan Gubernur Jakarta 2024.

"Anies? Tidak. Tidak masuk radar kami," imbuhnya.

Menurut Herzaki, Jakarta adalah salah satu kota yang strategis sehingga partainya harus benar-benar mempertimbangkan sosok yang memiliki kepedulian dengan warga Jakarta. 

"Fokus mengurus Jakarta, bukan sekedar menjaga nama tetap jadi perhatian publik, ataupun meningkatkan popularitas untuk 2029," tandasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3 Nama yang Dinilai Lawan Kuat Anies di Pilkada Jakarta

Ada tiga nama yang disebut bisa menjadi lawan Anies Baswedan dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) atau Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024. Salah satunya yakni Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Hanya saja, dari nama yang beredar ada tiga nama yang relatif kuat mendingi Anies. Ketiganya, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Ridwan Kamil, dan Tri Rismaharini," kata Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul M Jamiluddin Ritonga, Kamis (23/5).

Menurut Jamiluddin, ketiga pesaing mantan Calon Presiden (Capres) tersebut memiliki popularitas dan kapabilitas serta elektabilitas yang cukup kuat.

Oleh karenanya, Anies disebutnya harus bisa menggandeng tokoh yang bisa menguntungkan. Seperti Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera atau Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Ida Fauziyah.

Nama-nama tersebut nantinya harus bisa dipertimbangkan oleh mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) untuk bertading di Jakarta.

"Jadi, Anies harus memilih pasangan yang kapabel agar dapat unggul dari kompetitornya seperti Ahok dan Ridwan. Kalau tidak, Anies bisa saja terjungkal dalam Pilgub Jakarta 2024," sebutnya.

3 dari 4 halaman

Nama Lain

Terkait dengan nama Ida Fauziyah, karena diungkapkannya memiliki modal sosial dan politik yang baik. Oleh karena itu, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) itu berpeluang dapat meningkatkan elektabilitas dirinya maupun Anies.

Sedangkan, untuk Mardani Ali Sera juga punya popularitas yang baik dan akan mendapat dorongan dari PKS yang punya mesin politik di Jakarta.

"Karena itu, Mardani juga potensial mendongkrak elektabilitas dirinya dan Anies. Hanya saja, modal ekomomi Mardani tampaknya tidak sebaik Ida Fauziyah," pungkasnya.

4 dari 4 halaman

Anies Serius Pertimbangkan Maju Lagi

Sebelumnya, Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan bakal mempertimbangkan secara serius untuk maju kembali di Pilkada DKI Jakarta 2024 atau tidak. Hal ini disampaikan Anies pada Minggu (19/5).

Ketika itu dia didesak warga saat menghadiri silaturahmi dan halalbihalal dengan PKL dan Warga Kampung Jaringan Rakyat Miskin Kota di Kampung Marlina.

Dalam acara tersebut, perwakilan dari Jaringan Rakyat Miskin Kota, Sugiarti menyampaikan pernyataan sikap agar Anies maju lagi di Pilkada Jakarta.

"Kami siap dukung penuh untuk memenangkannya," ucap Sugiarti.

"Saya ngomong nih sama Bapak, Ibu, memang saya mendapatkan undangan dari partai-partai politik ditawarkan diminta untuk dicalonkan menjadi gubernur. Saat ini saya sedang mempertimbangkan apakah kembali atau tidak, jadi sedang mempertimbangkan," ujar Anies.

Mendengar ucapan Anies, warga langsung berteriak menyatakan dukungan dan meminta Anies maju lagi dalam pilkada.

"Saya lagi nimbang nih serius nimbang. kembali apa enggak ya? Kembali apa nggak?" tanya Anies.

"Kembali Pak. Kita masih butuh Pak Anies," jawab warga.

"Ya, jadi baiknya gimana nih?" timpal Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.