Sukses

Ketua DPP Golkar: Ridwan Kamil Lebih Condong Maju di Pilkada Jabar Dibandingkan Jakarta

Ace Hasan mengaku, sikap pribadinya tetap mendorong Ridwan Kamil untuk maju kembali di Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP Partai Golkar TB Ace Hasan Syadzily mengatakan, Ridwan Kamil lebih condong jika dirinya maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat dibanding maju di Jakarta. 

"Pak Ridwan Kamil sendiri menyatakan kepada saya, beliau mengatakan bahwa beliau lebih condong ke Jabar. Sejauh ini," kata Ace Hasan kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (14/5/2024).

Meski begitu, mantan Gubernur Jawa Barat tersebut mengaku, akan siap ditugaskan dimana saja oleh partai berlogo pohon beringin tersebut.

Kendati demikian, Ace Hasan memberikan rekomendasi atau usul kepada partai pimpinan Airlangga Hartarto tersebut agar Ridwan Kamil tetap berada atau maju di Pilgub Jawa Barat.

"Beliau (Ridwan Kamil) menyampaikan kepada saya bahwa soal beliau akan ditugaskan di mana, beliau tentu tergantung dari kebijakan partai. Kami tentu menyerahkan kepada DPP partai Golkar, kepada ketum, dan saya sudah beberapa kali juga bicara dengan ketum bahwa lebih baik Pak RK tetap di Jabar," ujarnya.

Ace Hasan mengaku, sikap pribadinya tetap mendorong Ridwan Kamil untuk maju kembali di Jawa Barat. Apalagi, hal ini sudah ia diskusikan dengan Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia.

"Sejauh ini memang Pak RK memang mendapatkan tugas di dua provinsi yaitu Jabar dan DKI Jakarta. Kalau DPD Golkar Jabar dan saya berdiskusi dengan Pak Doli selaku Waketum Bidang Pemenangan Pemilu kita memang ingin mendorong Pak Ridwan Kamil di Jabar," tegasnya.

Namun, semuanya itu kembali kepada Ketua Umum Partai Golkar untuk memutuskan Ridwan Kamil akan maju di Jakarta atau Jabar.

"Bagi kami, tentu akan serahkan semua kepada DPP Golkar dan Ketum, dan kita tahu Pak RK juga dikenal mendapatkan perhatian dari bukan saja dari Golkar, tapi juga parpol lain. Sehingga memerlukan pembicaraan dan komunikasi politik dengan parpol lain," ucapnya.

"Apalagi saya harus sampaikan Golkar di Jabar tidak cukup untuk mencalonkan sendiri, jadi kita membutuhkan koalisi dengan parpol lain," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gerindra Dorong Ridwan Kamil Maju di Pilkada Jakarta

Sekretaris Jenderal atau Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menyatakan, saat ini pihaknya sudah mengerucutkan beberapa nama untuk diusung di Pemilihan Gubernur Jakarta 2024 (Pilgub Jakarta 2024).

Muzani mengakui, di Jakarta tidak hanya mempertimbangkan kader internal, melainkan juga eksternal.

"Ada yang internal, ada yang eksternal," kata Muzani, Minggu (12/5/2024).

Sedangkan untuk calon eksternal, Muzani menyebut pihaknya turut mempertimbangkan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil maju di Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta 2024.

"Iya (Ridwan Kamil atau RK)," kata Muzani.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.