Sukses

Ketua TKD Babel Cetak Sejarah Menangkan Prabowo-Gibran dan Gerindra di Pemilu 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) telah menggelar Rapat Pleno Terbuka hasil Pemilu Serentak 2024 tingkat Provinsi.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) telah menggelar Rapat Pleno Terbuka hasil Pemilu Serentak 2024 tingkat Provinsi. Agenda tersebut berlangsung selama dua hari, yakni pada Rabu (6/3) dan hingga Jumat (8/3). Hasilnya, terlihat pemenang pada kontestasi Pilpres dan Pileg untuk Pemilu 2024.

“Pada pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dimenangkan pasangan nomor urut 2, Prabowo-Gibran dengan perolehan sebanyak 529.883 suara,” seperti dikutip dari data KPU Babel, seperti dikutip Minggu (10/3/2024).

Kemudian di posisi kedua, pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), memperoleh sebanyak 204.348 suara. Ketiga, adalah pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD hanya meraih 151.109 suara.

Sebagi informasi, pada tujuh Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Babel, total suara sah berjumlah 885.340 dan 30.938 dinyatakan sebagao suara tidak sah. Artinya total seluruh suara adalah 916.278.

Selanjutnya, pada perolehan suara Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) atau Pileg pada rapat pleno terbuka yang dilakukan KPU Provinsi Bangka Belitung, ada tiga nama yang dipastikan mendapatkan kursi di parlemen.

Pertama, Melati, S.H dari Partai Gerindra yang menempati posisi tertinggi dengan 172.949 suara. Posisi kedua, ditempati Ir. Rudianto Tjen yang merupakan caleg nomor urut 1 dari Partai PDI Perjuangan.

“Rudianto mendapat dengan jumlah akhir 168.406 suara,” jelas KPU Babel.

Kemudian di posisi ketiga, tercatat caleg nomer urut 1 dari Partai Golkar yakni Bambang Patijaya. Dia mendapatkan jumlah akhir sebanyak 115.549 suara.

Dikutip dari Model D. Hasil Prov-DPR, KPU Provinsi Babel mencakup 7 wilayah yang terdiri Kabupaten/Kota. Pada Pileg, total suara sah sebanyak 771.812 suara dan 139.847 dinyatakan sebagao suara tidak sah. Jika ditotalkan seluruh suara sah dan tidak sah adalah 911.659 suara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gerindra Ungguli PDIP dan Golkar

Berdasarkan hasil Pilpres dan Pileg di Provinsi Babel, menandakan kursi untuk Gerindra Unggul terhadap 2 partai besar lainnya yakni PDI Perjuangan dan juga Golkar. Hal itu digadang tidak luput dari kerja keras mantan gubernur setempat, Erzaldi Rosman yang bertindak sebagai Ketua TKD Prabowo Gibran di Provinsi Babel. 

"Sukses besar Erzaldi ini, tak lepas dari strategi jitu mengawinkan kekuatan relawan, partai, dan magnet figur (coat tail effect),” kata pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis Agung Baskoro.

Agung menambahkan, meski dalam kondisi tidak lagi manjabat sebagai seorang Gubernur sejak 2022, namun diyakini tidak mudah bagi Erzaldi memandu kemenangan untuk Pilpres dan Pileg. Sehingga pada Pemilu 2024, Erzaldi mencetak sejarah bagi Partai Gerinda dan Prabowo-Gibran di Bangka Belitung.

"Dari rapat pleno KPU ini, hasilnya tidak jauh berbeda dengan hasil hitung cepat (quick count) yang digelar oleh Trias Politika Strategis bekerjasama dengan Arus Survei Indonesia pada 16 Februari 2024 lalu dan data Real Count DPD Partai Gerindra,” Agung menutup.

Sebagai informasi, Erzaldi adalah Ketua DPD Partai Gerindra di Provinsi Babel. Dia juga bertindak sebagai mentor untuk Caleg DPR RI Melati S.H yang tidak lain adalah istrinya sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.