Sukses

Suara di Dapil 2 Sumut, 10 Caleg dari 6 Partai Berpotensi Masuk Senayan

Sebanyak 98 persen suara dari hasi rekapitulasi Pemilu kecamatan di daerah pemilihan Sumut 2 sudah masuk.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 98 persen suara dari hasi rekapitulasi Pemilu kecamatan di daerah pemilihan Sumut 2 sudah masuk.

Hasilnya, terdapat sejumlah nama yang berpotensi menduduki 10 kuota kursi di DPR RI dari daerah pemilihan Sumut 2.

Pada urutan pertama, Partai Golkar memperoleh 705.215 suara. Pada posisi kedua dan ketiga diisi oleh PDIP dengan memperoleh 364.061 dan NasDem dengan perolehan 318.796.

Pada posisi keempat, Gerindra memperoleh 285.083 suara, diikuti Demokrat dengan 233.235 suara dan juga PKB yang bersaing ketat dengan PAN dengan perolehan suara masing-masing 140.912 dan 138.726. Sedangkan PKS hanya memperoleh 93.556 suara dan diyakini kehilngan kursinya di daerah pemilihan Sumut 2.

Sebagai partai yang menempati urutan pertama di Dapil 2 Sumut, Partai Golkar dipastikan bakal mengirimkan 3 calon legislatifnya ke Senayan. Mereka adalah Lamhot Sinaga yang merupakan petahana, mantan Bupati Padang Lawas Utara, Andar Amin Harahap dan Trinovi Khairani.

Kemudian PDIP diyakini bakal bertahan dengan mengirimkan dua calegnya ke Senayan. Mereka adalah Mantan Bupati Samosir, Rapidin Simbolon dan Sihar P. Sitorus.

Sedangkan untuk Partai NasDem yang pada Pemilu 2019 lalu memperoleh dua kursi, kini hanya diwakili oleh Martin Manurung yang merupakan petahana.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masing-masing Satu Perwakilan

Kemudian Gerindra, PAN dan PKB masing-masing bertahan dengan tetap mengirim satu perwakilannya yang juga petahana. Mereka adalah Gus Irawan Pasaribu, Saleh Partaonan Daulay dan Marwan Dasopang.

Terakhir, Partai Demokrat juga dipastikan mengirim satu perwakilannya, antata Sabam Sinaga dan Ilham Mendrofa yang suaranya bersaing ketat.

 

3 dari 3 halaman

Dapil Sumut 2

Sebagai informasi, perhitungan Caleg DPR RI dari daerah pemilihan Sumut 2 dihitung berdasarkan jumlah suara dan pembagian kursi dengan sistem Sainte Lague.

Diketahui, daerah pemilihan Sumut 2 meliputi Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Toba, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Samosir, Sibolga, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Sidempuan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Mandailing Natal, Gunungsitoli, Nias, Nias Utara, Nias Selatan dan Nias Barat. Dapil ini mendapat 10 kuota kursi DPR RI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini