Sukses

Pendukung Prabowo-Gibran Bersyukur Pemilu 2024 Berjalan Damai, Gelar Makan Siang Gratis

Pendukung pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Pemilu 2024 yang tergabung dalam Sahabat Bang Ara, menggelar acara syukuran terkait pelaksanaan Pemilu 2024 yang berjalan aman dan damai di Riau.

Liputan6.com, Jakarta Pendukung pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Pemilu 2024 yang tergabung dalam Sahabat Bang Ara, menggelar acara syukuran terkait pelaksanaan Pemilu 2024 yang berjalan aman dan damai di Riau.

Perlu diketahui, Bang Ara merupakan panggilan dari Politikus Maruarar Sirait, di mana yang bersangkutan memilih keluar dari PDI Perjuangan (PDIP) dan kemudian mendukung pasangan Prabowo-Gibran. Adapun di Pemilu 2024 kali ini, PDIP memilih mengusung Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Salah satu perwakilan Sahabat Bang Ara, Hermanto Mora menegaskan, syukuran ini bukanlah untuk merayakan kemenangan. Pihaknya masih menghormati hasil rekapitulasi suara dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga selesai.

"Acara syukuran ini atas Pemilu yang berjalan lancar dan damai," kata dia dalam keterangannya, Sabtu (2/3/2024).

Sejumlah tokoh masyarakat baik muda dan tua, serta perwakilan Sahabat Bang Ara Nasional pun juga hadir. Mereka juga mengundang masyarakat, di mana membagikan pembagian makan siang dan susu gratis.

Meski Maruarar tak hadir, para tokoh pun berharap Prabowo-Gibran dapat melanjutkan program-program pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang sudah berjalan dengan baik.

Selain itu, dipandangnya Maruarar Sirait bisa membantu pasangan Prabowo-Gibran di kabinet nanti jika keduanya resmi terpilih dan dilantik.

Di sisi lain, Mora mengungkapkan, bahwa program ini baik untuk masyarakat. Terlebih untuk meningkatkan gizi.

"Generasi muda mendukung visi misi Pak Prabowo dan Mas Gibran, salah satunya dengan makan siang gratis dan susu gratis, yang dapat meningkatkan gizi yang cukup," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gibran Sebut Program Makan Siang Gratis Baru Tahap Uji Coba

Calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka menyebut, program makan siang gratis bagi anak-anak baru dalam tahap uji coba.

"Ini kan kami uji coba dulu," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, dilansir dari Antara, Jumat (1/3/2024).

Menurut Wali Kota Surakarta ini, uji coba program makan siang gratis bagi anak-anak akan ada evaluasi, terutama melibatkan para siswa, orang tua siswa, guru, dan kepala sekolah.

"Ya nanti kalau ada masukan dievaluasi ya, pasti akan diperbaiki lagi skema-skema yang ada sekarang," ucap Gibran.

Meski demikian, ia enggan menjelaskan lebih lanjut terkait dengan program makan siang gratis. Sebab, Gibran mengaku, saat ini masih fokus menyelesaikan tugasnya sebagai Wali Kota Surakarta.

"Sekarang saya fokus dengan pekerjaan yang ada di Solo dulu," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Simulasi Dilakukan

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengecek simulasi penerapan program makan siang gratis untuk pelajar tingkat pendidikan dasar hingga menengah yang berlangsung di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Curug, Kabupaten Tangerang, Banten.

"Agenda hari ini kami melihat simulasi penerapan makan dengan biaya sebesar Rp15.000 per porsi. Saya melihat di tiap-tiap kelas, dan ini salah satu sekolah yang volunteer menyiapkan makanan untuk anak-anak," katanya.

Dari hasil peninjauannya itu, pihaknya melihat sistem pembagian makanan sehat bagi pelajar ini dinilai cukup baik. Di setiap paket makanan yang disediakan tersebut memiliki kandungan gizi yang cukup, baik kalori maupun protein.

Menurut dia, simulasi program makan siang gratis yang dilangsungkan di sekolah negeri di daerah Kabupaten Tangerang ini akan menjadi percontohan bagi daerah lain apabila program tersebut sudah terealisasikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.