Sukses

Relawan Jokowi Ini Yakin PSI Bisa Lolos ke Senayan

Pendukung Presiden Joko Widodo yang tergabung dalam Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) merasa yakin jika Partai Solidaritas Indonesia (PSI) bisa lolos ke Senayan atau DPR di Pemilu 2024 ini.

Liputan6.com, Jakarta Pendukung Presiden Joko Widodo yang tergabung dalam Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) merasa yakin jika Partai Solidaritas Indonesia (PSI) bisa lolos ke Senayan atau DPR di Pemilu 2024 ini.

Adapun, PSI kini dipimpin oleh putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep.

"Yakin PSI lolos (ke DPR). Hitung cepat masih punya margin of error 2-3 persen dan real count KPU belum selesai," kata Ketua Umum Bara JP Utje Gustaf Patty, dalam keterangannya, Jumat (16/2/2024).

Utje menilai, Pemilu 2024 berjalan dengan baik dan lancar. Sehingga, semua proses yang telah dan tengah berjalanan tetap harus dihormati.

"Overall, Pemilu berlangsung jurdil dan bermartabat," jelas dia.

Sebelumnya, Wakil Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie mengatakan, masih merasa yakin akan partainya bisa lolos DPR atau ke Senayan di Pemilu 2024 ini.

"Hasil perolehan suara di tingkat TPS mulai masuk, hasilnya menggembirakan sejalan dengan hasil survei internal PSI dan survei lembaga-lembaga kredibel seminggu menjelang pencoblosan, yang menyatakan bahwa PSI akan tembus ke senayan dengan perolehan suara 5-6% pada Pemilu 2024," kata dia dalam keterangannya, Jumat (16/2/2024).

Terkait berbagai hasil quick count dari lembaga survei yang menempatkan PSI tak meraih 4%, Grace mengungkapkan hal ini karena ada rentan margin of error.

"Hasil hitung cepat adalah metode yang juga dijadikan acuan oleh PSI untuk memantau pergerakan dan perolehan suara. Yang harus diketahui publik, hitung cepat memiliki margin error dan PSI masih dalam rentan margin error, apalagi dihitung cepat internal PSI menunjukkan hasil 4,2%, jadi masih aman dan meyakinkan PSI akan lolos ke Senayan," ungkap dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengawasi Hasil Perhitungan Suara

Grace menyatakan DPP PSI terus menginstruksikan caleg dan pengurusnya untuk terus mengawal suara di TPS hingga tingkat kecamatan. 5 hari pertama merupakan saat yang menentukan untuk memastikan langkah PSI ke Senayan. Apalagi data terakhir menunjukkan PSI sudah menjadi partai ketiga terbesar perolehan suaranya di DKI Jakarta.

"Perolehan suara di DKI Jakarta harusnnya juga berbanding lurus dengan perolehan suara PSI di seluruh Indonesia," kata dia.

 

3 dari 3 halaman

Sikap Kaesang

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengaku optimistis partainya bisa lolos DPR atau ke Senayan di Pemilu 2024, meski dari hasil hitung cepat tidak tembus 4% yang merupakan ambang batas parlemen.

“Balik lagi kita harus menunggu hasil lengkap dari rekapitulasi dari KPU. Kita juga kan sekarang masih proses, jadi kita tunggu,” kata Kaesang kepada awak media di kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Jumat (16/2).

Sebab dari hasil quick count sejumlah lembaga survei rata-rata hanya menempatkan perolehan suara PSI dalam perebutan legislatif DPR RI di angka 2,9%, masih jauh dari ambang batas 4% parlemen.

Meski begitu, Kaesang menyatakan prestasi partai berlogo mawar itu, untuk perolehan suara di tingkat legislatif provinsi dan tingkat Kabupateb/Kota meraih suara empat kali lipat dari Pemilu 2019.

“Kita juga sudah melihat hasilnya yang untuk DPRD tingkat provinsi maupun kabupaten kota yang di mana insya Allah hasilnya cukup baik peningkatannya sekitar 400%."

"Yang di mana sekarang kita punya anggota dewan di provinsi itu 13 dan Alhamdulillah sekarang mungkin hampir 50,” tambah dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kaesang Pangarep adalah anak ketiga atau putra bungsu dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.
    Kaesang Pangarep adalah anak ketiga atau putra bungsu dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

    Kaesang Pangarep

  • DPR adalah lembaga legislatif yang anggotanya terdiri dri anggota partai politik terpilih dari hasil pemilu.

    DPR

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Pemilihan umum legislatif yang disingkat sebagai Pemilu tahun 2024 akan mulai dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

    Pemilu 2024

  • PSI

  • Senayan