Sukses

Melihat Berbagai Kegiatan Capres Cawapres saat Masa Tenang Pemilu 2024

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini sudah memasuki masa tenang Pemilihan Umum atau masa tenang Pemilu 2024. Masa tenang Pemilu ini dimulai sejak Minggu 11 Februari hingga Selasa 13 Februari 2024.

Selama masa tenang Pemilu 2024 ini, ketiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dilarang melakukan kampanye dalam bentuk apapun. 

Para capres cawapres pun masing-masing memilih melakukan kegiatan yang berbeda-beda sebelum hari pencoblosan pada Rabu 14 Februari 2024.

Misalnya capres nomor urut 01 Anies Baswedan mengisi kegiatan memasuki masa tenang dengan menjamu puluhan teman dari SMA 2 Yogyakarta di kediamannya, Jalan Lebak Bulus Dalam 2, Cilandak, Minggu 11 Februari 2024.

"Teman-teman SMA 2 Yogyakarta angkatan 88-89 terima kasih sudah panjang sekali kita tak jumpa sebanyak ini," ucap Anies dalam keteranganya.

Menurut Anies, momen pertemuan bersama teman-temannya saat SMA merupakan momen yang luar biasa. Karena di tengah padatnya jadwal kampanye, akhirnya mendapat waktu untuk reuni bersama di masa tenang.

Pendamping Anies di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024, selama masa tenang, cawapres Muhaimin Iskandar atau Cak Imin akan fokus pada kegiatan pribadi.

"Ya kita mengkonsentrasikan diri pada doa bersama di berbagai tempat," kata Cak Imin.

Tak jauh berbeda, capres nomor urut 02 Prabowo Subianto mengungkapkan kegiatannya di masa tenang Pemilu. Dia menyebut, selama masa tenang, akan menjalankan kegiatan sehari-hari hingga hari pencoblosan.

"Saya kira tidak boleh kampanye masa tenang. Jadi, mungkin kegiatan sehari-hari," kata Prabowo.

Kemudian, cawapres nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka mengatakan dirinya akan kembali bertugas sebagai Wali Kota Solo saat masa tenang Pilpres 2024.

"Kembali bertugas sebagai wali kota (Solo)," kata Gibran.

Sementara itu, capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo melepas kepergian seniman hebat asal Solo pemeran Semar yang meninggal saat tampil di acara Hajatan Rakyat Ganjar, Blacius Subono, di Solo, Sabtu 10 Februari 2024. Datang bersama sang istri Siti Atikoh Suprianti, Ganjar turut melepas keberangkatan Subono menuju tempat peristirahatan terakhir.

"Sungguh kami berduka atas kepergian Pak Bono. Beliau orang baik, seniman hebat yang tidak hanya menguri-uri budaya. Namun juga mengembangkan dan memiliki prinsip yang kuat," ucap Ganjar menyampaikan duka cita, di Padepokan Seni Nurroso Surakarta, Gang Brotoseno, Jebres Surakarta.

Berikut melihat kegiatan capres cawapres selama masa tenang Pemilu pada Minggu 11 Februari hingga Selasa 13 Februari 2024 dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Anies Baswedan Reuni Bareng Teman Semasa SMA

Calon Presiden (Capres) nomor urut 01 Anies Baswedan turut mengisi kegiatan memasuki masa tenang dengan menjamu puluhan teman dari SMA 2 Yogyakarta di kediamannya, Jalan Lebak Bulus Dalam 2, Cilandak, Minggu 11 Februari 2024.

"Teman-teman SMA 2 Yogyakarta angkatan 88-89 terima kasih sudah panjang sekali kita tak jumpa sebanyak ini," ucap Anies dalam keteranganya.

Menurut Anies momen pertemuan bersama teman-temannya saat SMA merupakan momen yang luar biasa. Karena di tengah padatnya jadwal kampanye akhirnya mendapat waktu untuk reuni bersama di masa tenang.

"Ini momen yang luar biasa, kami bersyukur sekali bisa bertemu dengan teman semua, sebenarnya sempat khawatir dengan jadwal tapi alhamdulillah kita bisa," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Anies banyak membahas masa lalunya saat SMA, menceritakan keluarga bersama Fery Farhati dan anak-anak, hingga bagaimana dia memutuskan tinggal di kediamannya yang sekarang.

Dari pertemuan itu, Anies juga berharap silaturahmi yang terbangun dapat berkala dikerjakan sehingga silaturahmi tidak akan terputus.

"Senang bisa ngobrol pagi ini dan Insya Allah ini silaturahmi yang berkala, sehingga gak terputus terlalu panjang, biar kita itu gak pangling," tandas Anies.

Kemudian, untuk mengisi waktu tenang tersebut, Capres nomor urut 01 Anies Baswedan menganjurkan kepada semua simpatisan dan pendukung untuk tidak putus berdoa. Bahkan, untuk yang beragama Islam diminta membaca surat Al-Ikhlas sebanyak mungkin.

"Itu yang kita anjurkan dan kampanyekan. Kemudian bagi saudara-saudara kita beragama Nasrani, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, Konghucu mendoakan sesuai dengan tata cara beribadahnya. Lalu, jangkau lingkungan yang terdekat itu pesan kepada seluruh relawan. Jangkau lingkungan terdekat, ajak bicara yang masih hari-hari terkahir ini belum menentukan pilihan, ajak," kata Anies di kediaman Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (JK) di Jakarta Selatan, Senin (12/2/2024).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengaku, selama masa tenang sekaligus waktu menunggu hari pencoblosan yakni 14 Februari 2024, dirinya memilih bertemu dengan tim hukum, serta para saksi dari Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN).

"Ini dari pagi kita pertemuan terkait koordinasi saksi. Jadi ini belum saatnya kita santai, karena sedang bersiap itu. Lalu yang ketiga banyak sekali yang kemarin hadir di JIS, juga pengin ketemu, jadi banyak dari luar kota belum pulang menunggunya di rumah," ujarnya.

"Tadi Pak JK tanya 'gimana Nis sudah tidur belum?' Di rumah malah banyak sekali masyarakat yang datang dari berbagai kota itu pengin ketemu sebelum mereka pulang ke daerah masing-masing, dan saya memang mau temui, kita ingin ketemu," ucap Anies menambahkan.

Dalam kesempatan itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini sempat menceritakan beberapa pengalaman yang dialami masyarakat saat mengikuti kampanye akbar.

"Semua yang datang punya pengalaman yang unik. Karena punya pengalaman yang unik mereka menceritakan keunikan itu kepada orang lain. Kalau dimobilisasi pengalamannya sama semua. Dapat seragamnya sama, uang makannya sama, makanannya sama, jalannya sama. Maka keriuhan untuk bercerita itu enggak ada," ungkapnya.

"Kalau ini karena masing-masing punya cerita, masing-masing punya pengalaman unik. Jadi masing-masing mau menambahkan sesuai dengan keunikannya. Inilah kekuatan gerakan, inilah kekuatan organik, inilah kekuatan ketika orang bergerak dengan hati nuraninya, dengan keyakinannya," sambungnya.

Menurutnya, apa yang disampaikan oleh masyarakat saat itu diungkapkan dari hat.

"InsyaAllah akan menjangkau hati-hati nurani rakyat Indonesia yang mengharapkan adanya perubahan nasib sesudah Pilpres ini," katanya memungkasi.

 

3 dari 6 halaman

2. Cak Imin Isi Masa Tenang Pemilu dengan Doa Bersama di Berbagai Tempat

Masa kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 berakhir pada Sabtu 10 Februari 2024 dan akan berlanjut dengan masa tenang selama tiga hari, mulai 11-13 Februari 2024.

Selama masa tenang, calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin akan fokus pada kegiatan pribadi.

"Ya kita mengkonsentrasikan diri pada doa bersama di berbagai tempat," kata Cak Imin usai kampanye akbar terakhir di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Sabtu 10 Februari 2024.

Rencananya, Cak Imin bakal berkumpul dengan para kiai dalam dua hari ke depan dengan maksud untuk meminta doa agar diberi kelancaran pada saat pencoblosan nanti.

"Insyallah dua hari ini akan berkumpul dengan kiai-kiai untuk mendoakan semuanya lancar, aman, tidak ada kecurangan. Mendoakan yang mau melakukan kecurangan dapat hidayah," ujar cawapres pendamping Anies Baswedan ini.

Kepada pihak yang nantinya dianggap curang, Imin mendoakan mereka agar segera mendapatkan hidayah.

"Semoga sadar semoga menjadikan pemilu ini hasilnya sangat objektif kemudian legitimate," jelas Cak Imin.

 

4 dari 6 halaman

3. Prabowo Subianto Akan Jalankan Kegiatan Sehari-hari

Calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto mengungkapkan kegiatannya di masa tenang pemilu. Dia menyebut, selama masa tenang, akan menjalankan kegiatan sehari-hari hingga hari pencoblosan.

"Saya kira tidak boleh kampanye masa tenang. Jadi, mungkin kegiatan sehari-hari," kata Prabowo usai kampanye akbar di GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu 10 Februari 2024.

Menteri Pertahanan itu optimistis bisa menang satu putaran pada Pilpres 2024. Prabowo percaya diri dengan hal ini berdasarkan berbagai indikator yang dilihatnya.

"Saya lihat semua indikator yang bisa dipercaya, menunjukkan insyaallah arah satu putaran," ucapnya.

Prabowo menyampaikan terima kasih dengan antusiasme pendukungnya yang telah hadir di kampanye akbar. Termasuk kepada aparat TNI-Polri yang bertugas melakukan pengamanan selama kampanye.

"Kita baru saja selesai kampanye terakhir, luar biasa antusiasme masyarakat pendukung kita, jauh di atas rencana kita. Saya ingin ucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia pendukung-pendukung 02, semua petugas, aparat yang bekerja keras," pungkas Prabowo.

 

5 dari 6 halaman

4. Gibran Kembali Bertugas sebagai Wali Kota Solo

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka mengatakan dirinya akan kembali bertugas sebagai Wali Kota Solo saat masa tenang Pilpres 2024. Adapun masa tenang Pemilu 2024 akan berlangsung pada 11 sampai 13 Februari 2024.

"Kembali bertugas sebagai wali kota (Solo)," kata Gibran di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Sabtu 10 Februari 2024.

Pada hari ini, Senin (12/2/2024), Gibran melakukan kegiatan sebagai Wali Kota Solo saat masa tenang Pemilu 2024.

Putra sulung Presiden Jokowi itu mengawali aktivitasnya sebagai kepala daerah dengan blusukan mengecek sejumlah pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik warga tak mampu di sejumlah kelurahan di Kota Solo pada Senin (12/2/2024).

Saat mengunjungi lokasi pembangunan RTLH, Gibran rakabuming Raka tidak naik mobil dinasnya AD 1 A tetapi mobil Toyota Innova berwarna hitam dengan plat nomor AD 1576 K.

Saat turun dari mobil, raut wajah Wali Kota Solo itu terlihat lelah dan rambut tak rapi seperti biasanya. Ia langsung bergegas jalan kaki menuju salah satu rumah yang sudah direnovasi yang beralamat di RT 1 RW 1 Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo.

Pemilik rumah tampak kaget ketika didatangi suami Selvi Ananda itu. Sejurus kemudian, Gibran melihat bagian dalam rumah tersebut dari pintu untuk melihat hasil pembangunan rumah warga yang tak mampu.

Setelah itu, calon pendamping capres Prabowo Subianto ini pamit kepada pemilik rumah untuk meninjau hasil pembangunan RTLH milik warga lainnya di Kelurahan Mojo yang hanya berjarak tak sampai 1 kilometer.

Saat mengecek hasil pembangunan rumah RTLH milik warga yang bernama Sriatun di RT 3 RW 3, Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Gibran berjalan kaki melalui lorong menuju rumah tersebut.

Setibanya di dalam rumah tersebut, ia mengecek dengan detail bagian atas hingga kualitas bangunan rumah yang dibiayai dari sumbangan CSR perusahaan distributor Bahan Bakar Minyak (BBM) di Solo, PT SHA.

Selain di Sangkrah dan Mojo, Wali Kota Solo itu kemudian melanjutkan peninjauan pembangunan RTLH di Kelurahan Kampung Sewu, Kecamatan Jebres, Kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres dan Kelurahan Kedunglumbu, Kecamatan Pasarkliwon, Solo. Berdasarkan data laporan bantuan sosial RTLH yang dibiayai CSR PT SHA sebanyak 20 unit rumah milik warga tak mampu di Solo.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan pembangunan RTLH itu hasil bantuan dari sejumlah pengusaha. Sumbangan tersebut merupakan hasil kerja sama penyaluran CSR perusahaan yang telah terjalin sejak tahun lalu.

Namun, ketika disinggung terkait jumlah pembangunan unit RTLH, ia mengatakan tidak mengetahui secara pasti jumlah detailnya tetapi dipastikan jumlahnya tidak sedikit.

"Banyak (jumlahnya pembangunan RTLH), sudah dari tahun lalu. Nanti tanya Pak Camat dan Pak Lurah ya. Ini banyak jumlahnya karena gabungan dari beebrapa pengusaha," kata dia di sela-sela peninjauan RTLH di RT 3 RW 3, Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Senin (12/2/2024).

Menurut Gibran, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo terus mengejar untuk pembangunan RTLH di Solo karena beberapa lokas masih masuk dalam zona kemiskinan di Solo. "Hooh, makanya kita kebut terus untuk RTLH. Masih banyak, makanya kita kebut terus. Kita cicil sedikit-sedikit ya, makasih," ucapnya.

 

6 dari 6 halaman

5. Ganjar Lepas Kepergian Seniman Solo Subono

Calon presiden (Capres) 2024 nomor urut 03, Ganjar Pranowo melepas kepergian seniman hebat asal Solo pemeran Semar yang meninggal saat tampil di acara Hajatan Rakyat Ganjar, Blacius Subono, di Solo, Sabtu 10 Februari 2024.

Datang bersama sang istri Siti Atikoh Suprianti, Ganjar turut melepas keberangkatan Subono menuju tempat peristirahatan terakhir.

Dengan menemui istri Ki Bono untuk menyampaikan duka cita, di Padepokan Seni Nurroso Surakarta, Gang Brotoseno, Jebres Surakarta, Minggu 11 Februari 2024.

"Sungguh kami berduka atas kepergian Pak Bono. Beliau orang baik, seniman hebat yang tidak hanya menguri-uri budaya. Namun juga mengembangkan dan memiliki prinsip yang kuat," ucap Ganjar.

Dalam pertemuan itu, suasana haru terasa ketika Ganjar dan istri nampak memeluk istri dan anak-anak Ki Bono.

Di mana dalam pertemuan itu, Istri Ki Bono sempat bercerita kepada Ganjar tentang hari-hari terakhirnya bersama dosen ISI Surakarta itu.

Ki Bono juga sosok seniman yang selalu tampil maksimal. Menurut cerita FX Rudyatmo, Ki Bono berlatih berhari-hari untuk menyiapkan pentas di acara Hajatan Rakyat Ganjar itu.

"Bayangkan, beliau yang sudah pakar masih mau latihan berhari-hari dengan serius. Sungguh beliau seniman hebat dan selalu ingin menunjukkan yang terbaik," ucap Ganjar.

Pesan terakhir Ki Bono masih tergiang di benak Ganjar. Saat pentas itu, Ki Bono menyampaikan pesan secara khusus kepada Ganjar-Mahfud. Pesan itu adalah apa yang sejatinya Ki Bono harapkan, bukan cerita lakon yang dipentaskan.

"Dan kata-kata terakhir beliau itu mengutip apa yang selalu saya tulis. Tuanku rakyat, jabatan hanya mandat. Sungguh ini sebuah mandat yang kita mesti lakukan untuk membela mereka yang susah," kata Ganjar.

Usai bertemu keluarga, Ganjar mengatakan bahwa keluarga sudah ikhlas melepas kepergian Ki Bono. Keluarganya yang juga keluarga seniman sudah sangat memahami soal itu.

"Saat saya sampaikan duka cita, keluarganya nustru menyampaikan permohonan maaf atas kesalahan Pak Bono. Saya sampaikan bahwa Pak Bono orang baik dan saya bersaksi beliau memang orang baik. Kita berdoa semoga beliau husnul khatimah," pungkasnya.

Penghormatan terakhir pada Ki Bono dihadiri oleh ribuan masyarakat. Tidak hanya masyarakat biasa, sejumlah tokoh seniman juga hadir dalam acara itu. Seperti dalang kondang Sujiwo Tejo, Ki Sigit Ariyanto, serta para dalang serta seniman lain Solo Raya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.