Sukses

Pengamat: Jelang Pencoblosan, Ahok Jadi ‘Amunisi' Ganjar-Mahfud

Pengamat politik, Ujang Komarudin, menilai munculnya Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) atau Ahok is Back saat masa kampanye Pemilu 2024 menjelang pencoblosan adalah ‘amunisi' dari PDIP.

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat politik, Ujang Komarudin, menilai munculnya Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) atau Ahok is Back saat masa kampanye Pemilu 2024 menjelang pencoblosan adalah ‘amunisi' dari PDIP.

Tujuannya adalah untuk menyerang pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Ujang membaca, Ahok sejak mundur dari Komisaris Utama Pertamina dan langsung turun gunun mengkampanyekan pasangan calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di Pilpres 2024.

“Kelihatannya (memang) menjadi salah satu amunisi yah dari PDIP, dari Ganjar-Mahfud untuk menyerang Prabowo-Gibran," kata Ujang.

Pada kampanye yang dijalaninya, lanjut Ujang, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengeluarkan ciri khasnya yaitu dengan pernyataan kontroversial.

Salah satunya menyebut Gibran tak bisa bekerja. Hal itu menunjukkan keyakinan Ujang, bahwa Ahok adalah kader PDIP yang siap memenangkan pasangan Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024.

“Saya lihat dia ada di PDIP, karena dia kader PDIP. Dan suka tidak suka, senang tidak senang harus mendukung Ganjar-Mahfud kan di situ,” jelas Ujang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemilih Sudah Menentukan Pilihan

Meski kontroversial, Ujang meyakini Ahok tidak akan mengubah banyak peta elektabilitas. Apalagi sampai bisa menggerus suara pemilih.

“Jadi apakah nanti akan berpindah suara dari Prabowo ke Ganjar? Enggak. Karena saat ini, masyarakat sudah memiliki pilihan masing-masing,” Ujang menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pemilihan umum legislatif yang disingkat sebagai Pemilu tahun 2024 akan mulai dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

    Pemilu 2024

  • Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia
    Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia

    Ganjar Pranowo

  • Politikus, ilmuwan, tokoh agama. Guru Besar Tata Negara UII, mantan anggota DPR, mantan Ketua Konstitusi,
    Politikus, ilmuwan, tokoh agama. Guru Besar Tata Negara UII, mantan anggota DPR, mantan Ketua Konstitusi,

    Mahfud MD

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

Video Terkini