Sukses

Ngopi Bareng Suku Osing Banyuwangi, Ganjar Komitmen Beri Perlindungan Masyarakat Adat

Ganjar menyampaikan, suku Osing sangat unik dan menarik lantaran masih melestarikan tradisi hingga saat ini. Pelestarian masyarakat adat dilakukan dengan cara membuat desa wisata.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo berkunjung ke Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur, dan ngopi bareng suku Osing atau Lare Osing (Laros). Dia pun menyampaikan komitmennya untuk memberikan perlindungan terhadap masyarakat adat.

Ganjar menyampaikan, suku Osing sangat unik dan menarik lantaran masih melestarikan tradisi hingga saat ini. Pelestarian masyarakat adat dilakukan dengan cara membuat desa wisata.

“Kampung Osing secara pariwisata yang dikembangkan anak muda dan dibangun dengan rumah adat dan keseniannya. Ada sebuah harapan perlindungan terhadap desa adat,” tutur Ganjar di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (8/2/2024).

Keberadaan suku Osing di Banyuwangi memang tidak bisa lepas dari Kerajaan Blambangan dan peristiwa Puputan Bayu. Suku Osing mempunyai bahasa sendiri yang merupakan turunan dari bahasa Jawa kuno dengan sedikit pengaruh dari bahasa Bali.

Masyarakat Osing pun menjadikan Kemiran sebagai Desa Wisata Osing, salah satunya dengan membangun komplek perkampungan dengan bangunan-bangunan adat, beserta adat, tradisi hingga keseniannya.

Di sana, Ganjar mengobrol dengan Suheimik, sesepuh Suku Osing dan lainnya, dengan suguhan kopi dan makanan tradisional. Dia menegaskan kokitmennya untuk terus memberikan perlindungan kepada masyarakat adat.

“Maka tadi saya tanya, apakah masih ada wilayahnya, adatnya, tradisinya, bahkan hukumnya. Ternyata ada semua. Tadi juga ada yang membacakan lontar dengan tembang ala Banyuwangi, itu menarik. Rasa-rasanya harus ada perlindungan kepada masyarakat adat,” jelas dia.

Salah satu sesepuh suku Osing, Suka mengatakan, Ganjar adalah sosok yang dekat dengan rakyat.

“Tadi baca lontar untuk Pak Ganjar tentang Nabi Yusuf. Karena Pak Ganjar orang baik dan merakyat,” ungkapnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jelang Kampanye Akbar Ganjar-Mahfud Md di Solo, TPN Kulo Nuwon Temui Mangkunegara X dan Wakil Wali Kota

Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid kulo nuwun (permisi) meminta restu kepada Mangkunegara X Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya dan Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa untuk menyelenggarakan kampanye akbar hari terakhir, di Solo pada Sabtu 10 Januari 2024 mendatang.

Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud Md akan menghadiri kampanye akbar atau 'Hajatan Rakyat' yang mulai dari Mangkunegaran sampai Benteng Vastenburg.

"Ini adalah itikad kami kulo nuwun kepada Mangkunegara X dan Bapak Teguh untuk menghormati tuan rumah dan rakyat Solo Raya, yang telah bersama-sama dalam perjuangan Ganjar-Mahfud sejak awal. Kami mohon izin agar Mas Ganjar dan Prof Mahfud boleh bersama rakyat Solo Raya, pada hari akhir masa kampanye terbuka," ujar Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid dalam keterangannya, Kamis (8/10/2024).

Arsjad mengatakan, atas restu yang diberikan para pengampu kota, Ganjar-Mahfud akan membuat sejarah baru di Kota Solo. Menurutnya, Hajatan Rakyat ini adalah pesta untuk seluruh kalangan masyarakat.

Ia menyebut, hajatan ini terdiri rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat. Sebab, seluruh penyelenggaraannya melibatkan rakyat. Mulai dari hiburan, kirab, sampai ke pelaku UMKM turut serta sehingga akan menyajikan atmosfer yang sangat merakyat.

"Hal ini menggambarkan bahwa sejatinya Pilpres sebagai pesta demokrasi itu bisa dinikmati oleh rakyat, sebagai pesta rakyat yang sesungguhnya," kata Arsjad.

Ketua Umum Kadin Indonesia non aktif ini mengungkapkan, dari Solo pasangan capres-cawapres Ganjar-Mahfud akan melanjutkan Hajatan Rakyat di ibu kota Jawa Tengah, Semarang.

"Tanggal 10, dimulai dari Surakarta, rakyat dari berbagai unsur dan lapisan akan merapatkan barisan untuk mengantar Presiden Rakyat Ganjar Pranowo dan Pembela Rakyat Mahfud Md ke Kota Semarang agar dapat menegakkan kesakralan demokrasi ke seluruh negeri," jelas Arsjad.

 

3 dari 3 halaman

Megawati Turun Gunung Menangkan Ganjar-Mahfud pada Kampanye Akbar Hajatan Rakyat Banyuwangi

Sebelumnya, Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri turun gunung meramaikan kampanye akbar Ganjar Pranowo-Mahfud Md pada acara 'Hajatan Rakyat Banyuwangi' di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Maron Kecamatan Genteng Banyuwangi, Kamis (8/2/2024).

Kampanye tersebut juga melibatkan sejumlah musisi tanah air, seperti Slank, Novia Bachmid, Tipe X, NDX AKA, Nabila Taqiyyah dan Rony Parulian.

Ada juga Anang Hermansyah, Cak Lontong, Vega Darwanti, Akbar, Echa Aura, Deny Cagur, Nella Kharisma, Vita Alvia, dan Wandra Restusiyan.

"Kami mengajak masyarakat untuk hadir dalam acara hajatan rakyat besok," kata Ketua DPC PDIP Banyuwangi I Made Cahyana Negara, Rabu 7 Februari 2024.

Menurut Made, acara bukan hanya berasal dari massa partai pengusung Ganjar-Mahfud, namun juga melibatkan ribuan massa pendukung pasangan calon nomor urut tiga.

"Tentu kami juga mengajak masyarakat untuk bersama mensukseskan acara," ungkap Made.

Sejumlah persiapan terus dimantabkan, mulai penataan panggung hingga pemasangan banner ucapan selamat datang di berbagai sudut di Banyuwangi.

"Semoga berjalan lancar," tandas Made.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini