Sukses

Melihat Persiapan 3 Capres Jelang Debat Terakhir Pilpres 2024, Minggu 4 Februari

Pada hari ini, Minggu (4/2/2024), debat terakhir Pilpres 2024 akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, pukul 19.00 WIB hingga 21.30 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Pada hari ini, Minggu (4/2/2024), debat terakhir Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 akan digelar. Debat pamungkas yang diikuti ketiga calon presiden (capres) ini bakal digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, pukul 19.00 WIB hingga 21.30 WIB.

Tema debat Pilpres 2024 yang diangkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Para capres pun melakukan sejumlah persiapan jelang debat Pilpres 2024. Capres nomor urut 1, Anies Baswedan siap untuk menghadapi debat akhir Pilpres 2024 dengan kondisi sehat. Nantinya, intensitas serangan semakin gencar.

Hal tersebut seperti disampaikan Juru Bicara (Jubir) Tim Nasional (Timnas) Anies-Muhaimin (AMIN) Iwan Tarigan. Iwan mengatakan, debat akhir selain makin gencar serangan. Nantinya juga diyakini akan menaikkan elektabilitas AMIN.

"Karena ini debat terakhir, maka intensitas serangan makin gencar. Sangat optimis (menaikkan elektabilitas), karena materi debat ini adalah rekam jejak Pak Anies sebagai Menteri terkait Pendidikan dan Pengalaman Gubernur dalam pelayanan publik, penanganan Covid, menjaga Toleransi," kata Iwan dalam keterangannya, Minggu (4/2/2024).

Kemudian, Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto memastikan bahwa Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto siap menghadapi debat pamungkas peserta Pilpres 2024 malam nanti.

"Prabowo telah menyiapkan jurus pamungkas yang akan digunakan pada debat capres nanti. Partai Golkar siap mendukung paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada debat nanti," terang Airlangga.

Lalu, Tim Pemenangan Nasional (TPN) menilai capres Ganjar Pranowo sudah sangat familiar dengan tema debat kelima Pilpres 2024. Menurut Jubir TPN Roby Muhamad, Ganjar berpengalaman menangani masalah terkait tema debat terakhir itu saat ia menjabat Gubernur Jawa Tengah.

"Selama 10 tahun menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, isu-isu yang menjadi tema debat ini sudah ditangani dan dihadapi oleh Mas Ganjar setiap hari. Tentu saja semua tema ini sudah beliau kuasai di luar kepala. Semuanya merupakan kekuatan Mas Ganjar," terang Roby.

Berikut melihat persiapan capres jelang debat terakhir Pilpres 2024 dihimpun Liputan6.com:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Capres 01 Anies Baswedan

Calon Presiden (Capres) nomor urut 01 Anies Baswedan siap untuk menghadapi debat akhir Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dengan kondisi sehat. Nantinya, intensitas serangan semakin gencar.

Diketahui, debat capres nanti akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

Juru Bicara (Jubir) Tim Nasional (Timnas) Anies-Muhaimin (AMIN) Iwan Tarigan mengatakan, debat akhir selain makin gencar serangan. Nantinya juga diyakini akan menaikkan elektabilitas AMIN.

"Karena ini debat terakhir, maka intensitas serangan makin gencar. Sangat optimis (menaikkan elektabilitas), karena materi debat ini adalah rekam jejak Pak Anies sebagai Menteri terkait Pendidikan dan Pengalaman Gubernur dalam pelayanan publik, penanganan Covid, menjaga Toleransi," kata Iwan dalam keterangannya, Minggu (4/2/2024).

Kemudian, saat ditanyakan terkait dengan strategi Timnas dalam menaikkan elektabilitas AMIN. Ia mengaku, hanya fokus dalam melakukan kegiatan kampanye bersama masyarakat atau pendukungnya.

"Kami focus ke aktivitas kampanye kami yang dihadiri oleh ribuan masyarakat yang sangat antusias, Desak Anies dan Slepet Imin, Live Tiktok Pak Anies dan Pergerakan lebih 1.000 simpul relawan yang sangat militan dan metode kampanye dialog yang sangat diminati masyarakat," ujarnya.

"Kami percaya hasil di lapangan mematahkan survei bayaran, penggiringan opini oleh kubu 02 bahwa kami 01 survei real-nya jauh lebih tinggi," sambungnya.

Selain itu, dirinya pun yakin bukan hanya lolos untuk putaran dua saja. Melainkan juga akan lolos dan memenangkan Pilpres dengan hanya satu putaran saja.

"Jawab, tidak hanya masuk putaran ke 2 tapi kami optimistis menang satu putaran, melihat kondisi lapangan dan perlawanan sivitas akademika terhadap Jokowi, karena pelanggaran etik berat MK meloloskan Gibran jadi Cawapres dan permainan bansos menjadi genderang perlawanan moral tentunya akan mereduksi suara 02 yang diendorse Jokowi," terang Iwan.

Lalu, terkait dengan tema debat pamungkas nanti disebutnya sangat menarik untuk dibahas dalam forum malam nanti.

"Tema ini akan sangat menarik, karena menjadi tema yang berguna untuk masa depan kita dan anak cucu kita. Sehingga Pak Anies akan banyak menyampaikan gagasan, program kerja dan misi visi yang menjawab kebutuhan masa depan sesuai tema debat," pungkasnya.

 

3 dari 4 halaman

2. Capres 02 Prabowo Subianto

Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto memastikan bahwa Calon Presiden (Capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto siap menghadapi debat pamungkas peserta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 malam nanti.

Debat terakhir ini akan digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta pada Minggu malam (4/2/2024).

Airlangga Hartarto menyatakan, Prabowo telah menyiapkan jurus pamungkas yang akan digunakan pada debat capres nanti. Partai Golkar, kata dia, siap mendukung paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada debat nanti.

"Paslon nomor 2 sudah siap, Pak Prabowo sudah siap untuk debat nanti malam," ujar Airlangga usai mengikuti kampanye rapat umum Partai Golkar di Stadion Mini Cikarang, Kabupaten Bekasi, Minggu (4/2/2024).

Saat disinggung terkait jurus yang akan digunakan Prabowo saat berdebat dengan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, Airlangga mengaku Ketum Partai Gerindra itu sudah menyiapkan gagasan sesuai dengan tema debat, yakni infrastruktur, perekonomian, hingga kesejahteraan sosial.

"Ya semua jurus pamungkas semua, jadi sudah banyak jurus," kata Airlangga.

Airlangga menjelaskan, Jawa Barat menjadi salah satu target untuk meraih kemenangan suara Partai Golkar. Airlangga menargetkan suara Golkar di Jawa Barat di atas 50 persen, sehingga dapat meningkatkan suara untuk pasangan Prabowo-Gibran.

"Target kemenangan di Jawa Barat ditargetkan kita di atas 50 persen, apalagi paslon 2 sudah didukung oleh partai-partai politik termasuk Partai Golkar yang mengusung dari awal," kata Airlangga.

Nantinya, apabila pasangan Prabowo-Gibran dapat memenangkan Pilpres 2024, akan melanjutkan program-program yang telah dijalankan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya, program Jokowi sangat diapresiasi masyarakat terkait dengan program infrastruktur.

"Jadi infrastruktur terus didukung, kita tahu jalan tol di Jawa, kemudian kawasan-kawasan industri dan berikut program-program kesejahteraan sosial," ungkap Airlangga.

Airlangga menurutkan, program bantuan Pemerintah saat ini, PKH, bansos sembako, bantuan pangan, bantuan langsung tunai dapat membantu kehidupan masyarakat. Selain itu terdapat bantuan listrik, dana pendidikan KIP, KIS, dan bantuan kesehatan BPJS akan dilanjutkan kembali.

"Jadi program-program itu akan dilanjutkan," tutur Airlangga.

Saat disinggung kedekatan antara Airlangga dengan Jokowi menjadi sinyal kemungkinan Jokowi bergabung dengan Partai Golkar, Airlangga mengaku Partai Golkar terbuka untuk siapapun tokoh nasional.

"Rumah Golkar terbuka untuk semua tokoh-tokoh nasional dan negarawan," jelas Airlangga.

 

4 dari 4 halaman

3. Capres 03 Ganjar Pranowo

Tim Pemenangan Nasional (TPN) menilai capres Ganjar Pranowo sudah sangat familiar dengan tema debat kelima Pilpres 2024. Ganjar berpengalaman menangani masalah terkait tema debat terakhir itu saat ia menjabat Gubernur Jawa Tengah.

"Selama 10 tahun menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, isu-isu yang menjadi tema debat ini sudah ditangani dan dihadapi oleh Mas Ganjar setiap hari. Tentu saja semua tema ini sudah beliau kuasai di luar kepala. Semuanya merupakan kekuatan Mas Ganjar," kata Jubir TPN Roby Muhamad.

Debat kelima mengangkat tema kesejahteraan sosial, kebudayaan pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi. Menurut Roby, tema debat kelima erat kaitannya dengan iso kerakyatan. Ganjar sudah sejak lama dekat dengan rakyat.

"Mas Ganjar sejak dulu sudah terkenal dekat dengan rakyat. Beliau lahir dari rakyat, dan terbukti berhasil meningkatkan kesejahteraan rakyat. Prinsipinya, Tuanku ya Rakyat. Jadi performa beliau di panggung debat nanti sudah pasti akan maksimal," katanya.

Menurut Roby, Ganjar akan menceritakan apa saja yang sudah ia terapkan selama menjadi Gubernur terkait tema debat. Dari debat terakhir ini, ia berharap masyarakat semakin bisa menyaring capres mana yang berpengalaman dan dekat denna rakyat.

"Mas Ganjar yang paling mampu menyelesaikan isu-isu kerakyatan. Beliau presiden rakyat sebenarnya. Di acara debat nanti masyarakat bisa mendengar sendiri cerita tentang program-program yang sudah dilakukan saat menjabat Gubernur Jawa Tengah langsung dari Mas Ganjar," jelas Roby.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.