Sukses

Jokowi Bertemu Sultan HB X, Ganjar: Jangan-Jangan Beliau Datang untuk Menguatkan Saya

Ganjar menanggapi santai kunjungan Presiden Jokowi ke Keraton Yogyakarta saat dirinya menggelar kampanye akbar di Kabupaten Kulon Progo. Ganjar tidak merasa diikuti Jokowi meski kegiatannya sama-sama di Yogyakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo menanggapi kedatangan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke Keraton Yogyakarta dan menemui Sri Sultan Hamengku Buwono X. Ganjar memandang positif kedatangan Jokowi di Yogyakarta dan menduga akan menguatkan dirinya pada Pilpres 2024.

Menurut dia, kedatangan Jokowi ke keraton Yogyakarta merupakan hal yang wajar karena banyak orang berpengaruh di banyak negara maupun Indonesia, seringkali sowan ke Kerso Dalem. Biasanya mereka datang karena kapasitas Kerso Dalem sebagai sesepuh dan sebagai raja.

"Karena kapasitas ngarso dalam sebagai sesepuh, sebagai raja yang tentu punya kearifan yang harus disampaikan," ujar Ganjar usai mengikuti kampanye akbar di Alun-Alun Wates, Kulon Progo, DI Yogyakarta, Minggu (28/1/2024).

Saat disinggung terkait kampanye Ganjar selalu berdekatan dengan kunjungan Jokowi, salah satunya di wilayah Yogyakarta, dia mengaku tidak merasa diikuti. Menurutnya, presiden maupun menteri datang ke tempat lain dalam rangkang melaksanakan tugas.

"Saya sih enggak merasa dikuntit, enggak. Pak jokowi itu kan friend sama saya. Dulu kami bareng, kami bersama, kami satu partai, enggak lah. Jangan-beliau datang untuk menguatkan saya," ucap Ganjar.

Ganjar mengaku senang apabila banyak pemangku jabatan mendatangi Keraton Yogyakarta. Begitupun pada kontestasi politik, Ganjar menjadi yang pertama datang ke Keraton Yogyakarta. Saat itu, kedatangan Ganjar ke Keraton Yogyakarta membicarakan problem bangsa.

"Diskusi cukup intensitas dan serius terhadap problem bangsa. Bagaimana keberlanjutan bangsa, bagaimana kita bisa menjaga konstitusi, bagaimana kita menjaga arah reformasi," terang Ganjar Pranowo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ganjar Sebut Sri Sultan HB X Tokoh Reformasi

Ganjar menilai, Sri Sultan HB X merupakan bagian dari tokoh reformasi yang menggemakan satu juta orang datang berkumpul. Usai instruksi tersebut, reformasi di Indonesia terwujud dan menjatuhkan masa pemerintahan masa itu.

"Setelah itu pemerintah orde baru jatuh. Maka kita diingatkan oleh mereka, maka ketika kita ketemu ngarso dalam juga menjadi ingat," tutur Ganjar.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menikmati waktu akhir pekan di Kota Yogyakarta dengan mengunjungi pusat perbelanjaan Plaza Ambarrukmo pada Sabtu (27/1/2024). Jokowi tidak sendiri. Dia ditemani putra bungsunya Kaesang Pangarep dan menantunya Erina Gudono.

Mengutip siaran pers, Jokowi tiba pukul 20.30 WIB. Kehadiran Presiden Jokowi disambut masyarakat yang tengah berada di mal tersebut. Presiden Jokowi pun langsung menyapa warga dan melayani permintaan swafoto mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini