Sukses

Ganjar-Mahfud Md Pakai Kostum Bertema Lingkungan Hadapi Debat Keempat Pilpres 2024

Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud Md menggunakan kostum anyar saat menghadapi debat keempat Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud Md menggunakan kostum anyar saat menghadapi debat keempat Pilpres 2024.

Kali ini, kostum yang digunakan adalah bertema lingkungan sesuai dengan topik debat malam hari ini, Minggu (21/1/2024).

Pantauan di lokasi, Jakarta Covention Center (JCC) Ganjar-Mahfud Md datang terpisah. Namun, keduanya kompak mengenakan kostum anyar tersebut.

Mengutip siaran pers diterima dari Tim Pemenangan Nasional (TPN), kostum Ganjar-Mahfud dirancang social enterprise Sukkhacitta yang disesuaikan tema lingkungan.

"Di sesi awal, Ganjar-Mahfud akan mengenakan kemeja lengan panjang warna hijau lengkap dengan scraft berwarna cream, dan di bagian dada kiri bertuliskan slogan Sat Set dan Nomor 3 di dada kanan," tulis siaran resmi Tim Media TPN, Minggu (21/1/2024).

"Tapi pada saat konferensi pers, Ganjar-Mahfud memakai kemeja hijau dipadu rompi bertuliskan slogan Sat-Set di dada kiri, dan Nomor 3 di dada kanan," imbuh TPN.

Mahfud Md pun menceritakan soal kostum yang dipakainya saat debat. Kostum tersebut merupakan apresiasi atas tema debat hari ini yang meliputi pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

"Ini kalau anak pencinta alam pasti tahu, pakaian seperti ini biasa dipakai untuk naik gunung," ujarnya di Posko Relawan Mahfud, Menteng, Jakarta, Minggu (21/01/2024).

"Ya kan tema malam ini lingkungan, jadi cocok," imbuh Mahfud sambil bergegas menuju lokasi debat di JCC.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengenal Produk SukkhaCitta

Diketahui, nama SukkhaCitta lekat dengan produk fesyen ramah lingkungan dan pemberdayaan perempuan. Seluruh produk SukkhaCitta dibuat menggunakan tanaman yang ditanam secara regeneratif dan limbah pertanian, serta diwarnai dengan perwana alami.

Selain itu, 100% produk SukkhaCitta merupakan buatan tangan (handmade) yang melibatkan perajin perempuan, terutama ibu-ibu di desa, bukan di pabrik.

Komitmen SukkhaCitta mengembangkan produk ramah lingkungan telah mendapat pengakuan dan penghargaan di kancah internasional, salah satunya meraih Juara 1 Cartier Award.

SukkhaCitta menciptakan dampak sosial dengan berinvestasi dalam peningkatan kapasitas perempuan perajin pedesaan dan memastikan bahwa perempuan mendapatkan upah yang layak.

Dalam misi untuk menjaga lingkungan dan mengubah taraf hidup perajin, SukkhaCitta secara terus berkomitmen merevitalisasi kerajinan asli, menciptakan seni warisan baru bagi masyarakat dalam lingkaran ekonomi, dan menjaga kelestarian alam.

 

3 dari 3 halaman

Produk Ramah Lingkungan

Produk SukkhaCitta yang ramah lingkungan telah berkontribusi mencegah penggunaan 2,5 liter perwana beracun, menghemat 80 ton karbon dioksida, dan regenerasi bagi 30 hektare lahan.

SukkhaCitta juga mengubah nasib perajin perempuan Indonesia dengan lebih dari 1.482 jiwa merasakan dampak dari pengembangan produk SukkhaCitta.

Selain itu, perusahaan juga memiliki 5 sekolah kerajinan, dan meningkatkan pendapatan perempuan perajib sebesar 60%, serta memberikan beasiswa bagi 52 siswa.

Saat ini, Sukkhacitta telah melayani pelanggan di 35 negara melalui platform e-commerce dengan toko ritel di Jakarta dan Bali, Indonesia.

SukkhaCitta adalah contoh konkrit bahwa kepentingan ekonomi tidak harus bertentangan dengan pelestarian lingkungan.

Desain fesyen SukkhaCitta yang unik dan trendi, juga membuat pelanggan dari seluruh dunia tetap dapat berpenampilan menarik, merasa nyaman, sekaligus berbuat baik bagi kelestarian alam dan pemberdayaan perempuan perajin.

Seperti diketahui, Ganjar-Mahfud selalu tampil dengan kostum tematik di setiap Debat Pilpres 2024. Keduanya membuat kejutan saat tampil dengan jaket bomber a’la “Top Gun” pada debat ketiga yang mengangkat tema Pertahanan dan Keamanan.

Penasaran seperti apa kostum khusus yang dirancang SukkhaCItta untuk Ganjar-Mahfud? Jangan lupa simak Debat Keempat Pilpres 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.